06 Maret 2021

Reputasi

Tidak ada komentar :
aLamathuRs.com - Pernahkah bertanya apa yang dilakukan orang untuk mendapatkan rasa hormat? Membangun reputasi yang baik adalah satu hal, tetapi menjaganya adalah hal lain. Sebagian orang tentu sepakat dengan pernyataan "kamu bisa menghabiskan seumur hidup membangun reputasi dan kemudian kehilangannya dalam satu menit". 
 
Dalam membangun dan menjaga reputasi, ada beberapa kebiasaan yang akan menguntungkan dari waktu ke waktu: 
 
Katakan yang sebenarnya - Pembohong tidak bisa dipercaya. Mereka memutar cerita yang menurut mereka akan berguna bagi mereka, tetapi tidak butuh waktu lama sampai mereka "ketahuan". Mengatakan kebenaran tidak hanya lebih mudah daripada berbohong karena kamu tidak harus mencoba mengingat apa yang kamu katakan, tetapi mereka juga membangun kepercayaan dengan orang lain yang tahu bahwa mereka dapat bergantung pada kamu dalam hal kejujuran. 

Lakukan apa yang kamu katakan akan lakukan - Janji palsu menyebabkan kekecewaan. Orang lain akan dikecewakan dan kamu akan berpikir buruk tentang dirimu sendiri, terutama jika ini adalah pola dalam hidupmu. Hal terbaik untuk dilakukan adalah jangan pernah membuat janji atau pernyataan yang tidak dapat kamu lakukan. 

Miliki batasan yang baik - Ketahui dengan jelas apa yang akan kamu lakukan dan apa yang tidak akan kamu lakukan. Saat kamu bekerja lebih keras dari masalah orang lain, kamu mungkin bekerja terlalu keras. Ketika kamu mengabaikan kebutuhan perawatan diri sendiri, itu hanya masalah waktu sampai kesehatanmu memburuk, atau kamu akan kelelahan. Batasan yang baik akan melindungi diri kamu! 

Belajar untuk meminta maaf - Tidak peduli seberapa baik niat kita, kita semua membuat kesalahan. Terkadang orang lain terluka, dan kamu bahkan tidak menyadarinya sampai mereka memberi tahu kamu tentang hal itu. Kamu tidak dapat mengambil tanggung jawab atas segala sesuatu yang salah dalam hidup seseorang tetapi selalu dapat mengatakan "Aku minta maaf atas peran yang aku  mainkan dalam keadaan ini yang mengakibatkan kamu terluka". Jika orang lain tidak mau memaafkanmu, kamu dapat tenang mengetahui bahwa setidaknya kamu telah melakukan apa yang perlu dilakukan. 

Bersikaplah konsisten - Tindakan kecil yang dilakukan berulang kali membentuk kebiasaan baik. Seringkali keluarga dan teman dekat dapat memprediksi apa yang akan kamu lakukan dalam keadaan tertentu. Dapatkah mereka bergantung pada kamu untuk secara konsisten membuat pilihan yang baik atau apakah mereka mengharapkan kamu bertindak secara acak?
 
Berpikirlah positif - Selalu memandang kehidupan dari sisi negatif dan membicarakan hal-hal buruk akan membuat orang terasing. Padahal disisi lain, ke-positif-an bertindak seperti magnet dan menarik orang ke arahmu. Percayalah bahwa kita semua seperti gelas air yang memercik ke orang lain. Jika kita dipenuhi dengan racun emosional, kita membakar orang lain tetapi jika kita dipenuhi dengan pikiran yang jernih dan bersih dan memercikkan ke orang lain mereka akan merespons dengan "itu menyegarkan". Dan disaat itulah hidup menjadi terasa lebih baik dan lebih indah...
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar