10 Juni 2016

Ulang Tahun Pulpen

1 komentar :
Ballpoin, atau di Indonesia lebih populer disebut pulpen pertama kali diciptakan tepat hari ini, 78 tahun yang lalu. Temuan yang digagas oleh seorang jurnalis asal hungaria, bernama Laszlo Biro dibantu oleh saudara lelakinya yang merupakan ahli kimia bernama George. Mereka mengembangkan pena lama yang ujungnya tajam menjadi ujung pena yang baru berupa sebuah bola yang dapat berputar dengan bebas pada sebuah lubang. Saat berputar, bola tersebut akan mengambil tinta dari sebuah bak tinta (cartridge), tinta membasahi bola kecil yang mengalir secara kapiler dan dengan bantuan gravitasi. dan kemudian menggelinding agar melekatkannya pada kertas. 


Karena bola kecil itulah maka pena baru itu dinamakan ballpoint pen atau yang lazim dikenal dengan nama bolpoin atau bahkan kebanyakan orang menyebutnya pulpen. Rancangan ini kemudian dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943 dan dijual dengan merek Birome, yang masih bertahan hingga saat ini. 

Desain balllpoin berikutnya terus berkembang seiring dengan eksperimen yang dilakukan oleh dua orang berkebangsaan Inggris, Henry Martin, Frederick Miles, dan seorang asal chicago bernama Milton Reynolds.

Pengembangan yang cukup signifikan adalah hasil karya Franz Szech, seorang warga California, yang berhasil membuat tinta yang sempurna dari dapur rumahnya.Tinta itu jauh lebih awet dan tahan lama berada dalam bolpoinnya, namun sayangnya tinta itu lambat laun menjadi kering bila terkena udara.

Saat ini merk ballpoin yang sudah banyak beredar dipasaran diantaranya yang terkenal adalah :
  1. The Aurora Diamante
  2. Mont Blanc and Van Cleef & Arpels
  3. Caran d’Ache made ‘La Modernista Diamonds’
  4. Omas Phoenix Platinum Fountain Pen Luxury Limited Edition
  5. Visconti Fountain Pens ALCHEMY HRH
  6. Omas Fountain Pen MARTE
  7. TIBALDI Pens CREW 60TH White Gold
  8. Visconti Pens DIVINE PROPORZIONE HRH
  9. Parker

Dari jajaran merk lokal, yang paling familiar dengan dengan masyarakat diantaranya :
  1. Pilot
  2. Staedtler
  3. Standard
  4. Zebra
  5. Fabre-Castle
  6. Faster
  7. Snowman
  8. Dan lain-lain

Anda pakai merk yang mana?


1 komentar :