11 Februari 2016

Inspirasi Menulis dari Wikipedia

2 komentar :
Merasa kurang mahir menulis? Sama dengan saya. Sering kesulitan untuk memilih tema ketika akan mulai menulis? Sama juga dengan saya. Bedanya, saya punya sedikit jurus untuk mengakalinya dengan mencari inspirasi menulis dari tanggal-tanggal bersejarah yang tercantum di wikipedia. Tak perlu buka yang versi bahasa inggris, buka saja wikipedia berbahasa indonesia. Kemudian ketikkan sebuah tanggal dalam kolom pencariannya. Setelah itu mulailah memilih tema yang menarik untuk diangkat, tentunya dengan sudut pandang dan gaya bahasa Anda sendiri.


Sebagai contoh ilustrasi, apa yang kadang saya lakukan mungkin bisa menjadi inspirasi. 
  • Tanggal 11 Februari ini saya berencana untuk membuat tulisan yang akan dipublikasi besoknya (tgl 12 Februari). Maka saya buka http://id.wikipedia.org dan mulai mencari data dengan kata kunci tanggal 12 Februari (tanpa perlu memasukkan angka tahun). 
  • Kemudian situs wikipedia akan memunculkan beberapa hal yang berkaitan dengan tanggal 12 Februari. Bisa merupakan sebuah peristiwa, kelahiran / kematian seorang tokoh, hari raya / peringatan, dan lain-lain. 
  • Selanjutnya tinggal pilih saja salah satu topik yang sekiranya dianggap menarik untuk diangkat sebagai bahan tema tulisan untuk blog Anda. 
  • Sebagai pelengkap cobalah cari data pendukung dari sumber lainnya yang terkait. Boleh dari blog orang lain, portal berita, forum online sampai dengan media sosial sekalipun. Tapi ingat! jangan hanya menggunakan jurus copy paste 100%. Hargailah penulis atau sumber data asal dengan mencantumkannya setidaknya sebatas (text) identitas penulis asal / sumber data tersebut tanpa link aktif.
  • Mulailah rangkai kata per kata, kalimat per kalimat, paragraf per paragraf dari setiap bahan/data yang sudah didapat. Jika diperlukan, tak ada salahnya untuk menyisipkan opini pribadi dalam tulisan Anda. Kuncinya : harus percaya diri. Karena percaya diri modal dasar dalam menulis.

Jika kebetulan Anda beruntung, mungkin saja tema yang dipilih ternyata menjadi trending pencarian netter di hari tersebut. Hadiahnya tentu saja adalah traffic bagus untuk blog Anda (tentunya tanpa mengesampingkan aspek SEO, keyword, deskripsi pencarian, dll).

Selamat menulis!


2 komentar :

  1. Ide yang bagus ... Makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuman bagi2 pengalaman aja.. thx udh mampir disini..

      Hapus