26 Januari 2016

Ulang Tahun Demonstrasi Televisi Pertama ke-90

Tidak ada komentar :
Hari ini, tepat 90 tahun lalu adalah hari bersejarah dimana penemuan televisi pertama didemonstrasikan. Memang secara bentuk ini sangat jauh berbeda dengan televisi yang ada di jaman sekarang. Jangankah secara fitur, secara bentuk tampilannya saja sangat jauh berbeda. Televisi yang dimaksud didasarkan atas penemuan seorang ilmuwan skotlandia bernama John Loige Baird. Dialah yang menunjukkani ide dasar bahwa citra visual dapat ditransmisikan.

Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa kabel ke pewawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Royal Institute di London. John Logie Baird berhasil menunjukan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak, diikuti gambar bergerak monokrom pada tahun 1926.

Dalam perkembangannya, televisi sudah mengalami serangkaian penyempurnaan baik secara bentuk, fitur maupun secara estetika. Jika dijaman orang tua kita dulu dikenal Televisi tabung (lebih dikenal dengan CRT) berlayar hitam putih, kemudian beralih menjadi elevisi tabung yang menampilkan layar bukan hanya hitam putih, tetapi sudah berwarna. Generasi berikutnya muncul lagi masih televisi tabung namun dengan bentuk yang lebih ramping, atau biasa disebut slim, sebelum akhirnya bertransformasi menjadi televisi LCD, LED, Plasma dan seterusnya.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar