05 Januari 2016

Menulis itu seni merangkai 26 huruf, 10 angka dan beberapa tanda baca

Tidak ada komentar :
Menulis bukanlah sesuatu hal yang sulit. Semua orang bisa menulis. Bahkan kaum primitif sekalipun bisa menulis. Tentunya dengan gaya dan bahasanya sendiri. Tapi kenapa sebagian orang masih bingung untuk mulai menulis? Bukankah sejak sekolah dasar pun pelajaran yang diajarkan pertama kalinya adalah menulis? 

Menulis adalah hal yang sangat sederhana. Hanya perlu merangkaikan abjad huruf, angka dan tanda baca saja menjadi sebuah kata, kalimat, paragraf sehingga akhirnya menjadi tulisan utuh. Abjad huruf pun jumlahnya tidak banyak, hanya 26 buah mulai A sampai Z (baca juga : menulislah dari A sampai Z). Angka juga hanya 10 buah, dari 0 sampai 9. Mulailah berpikir dari titik awal simpel itu dulu. 

Berikutnya hanya tinggal ikuti aturan main penggabungan huruf vokal dan konsonan saja sehingga tidak salah dalam proses berikutnya dalam menggabungkan huruf menjadi kata atau suku kata. Bacalah referensi buku yang membahas EYD jika diperlukan.

Jangan dulu bingung memikirkan ide dasar. Jangan juga pikirkan tema atau topik tulisan. Cobalah untuk mulai latihan menuliskan apa saat ini ada dalam pikiran. Tuangkan dalam tulisan, kata per kata, sehingga menjadi kalimat. Kemudian buatlah beberapa kalimat sehingga menjadi satu paragraf. Lalu buatlah satu atau dua paragraf lainnya sebagai tambahan. Selesai. Percaya dirilah, karena itu modal dasar untuk menulis (baca juga : percaya diri modal dasar untuk menulis).

Kesimpulannya, jangan anggap ini sulit! karena menulis hanya sebuah seni untuk merangkaikan 26 huruf, 10 angka dan beberapa tanda baca saja.

Setelah lulus tahap ini, maka akan masuk ke tahapan berikutnya yaitu bagaimana menentukan ide dasar, karakter, plot, latar, sudut pandang, konflik, dialog dan gaya narasi yang akan kita bahas dalam postingan berikutnya....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar