21 Januari 2016

Membuat Blog Menjadi Lebih Baik

1 komentar :
Aktivitas blogging dalam waktu lama memang bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan, atau bisa juga menjadi sangat membosankan. Menjadi menyenangkan ketika passion menulis kita terus terjaga. Entahlah itu tujuannya untuk berbagi informasi, hanya bercerita ringan hal-hal sederhana, atau bahkan untuk mengejar penghasilan dari iklan seperti AdSense misalnya. Sebaliknya, ini bisa menjadi sesuatu yang membosankan ketika apa yang menjadi tujuan awal blogging tidak tercapai.

Menurut pendapat beberapa blogger sukses dunia, seperti Neil Pasricha (pernah direview disini dalam postingan awesome things from Neil Pasricha) dan Chas Demain, pada prinsipnya dalam melakukan aktivitas blogging alangkah lebih baiknya untuk tetap memperhatikan keadaan dari blog itu sendiri. Apakah  sering dimaintain secara teratur atau tidak, apakah isinya benar-benar sudah mencerminkan passion kita dalam menulis atau belum, dst.

Setidaknya cobalah untuk mulai memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Selalu yakin 100% dengan setiap tulisan yang akan diposting.

Bayangkan berapa lama anda sudah menyisihkan waktu untuk menuliskan apa yang terbaik yang bisa ada bisa sajikan untuk pembaca. Jangan rusak ini dengan adanya salah penataan kalimat, istilah-istilah yang "terlalu tinggi" yang sulit untuk dipahami orang kebanyakan, atau bahkan penyematan tanda baca yang keliru. Pembaca mungkin akan menjadi bingung dan menjadi tidak menerima pesan yang sebenarnya ingin disampaikan. Poinnya adalah, pastikan review ulang kata per kata, kalimat per kalimat, sesaat setelah anda selesai menulis. Anggaplah anda sebagai seorang penulis sekaligus sebagai seorang editor.  

Sisipkan sedikit humor dalam gaya postingan (hanya jika diperlukan).

Ketika anda blogging, cobalah untuk menyisipkan selera humor anda. Tapi ini tidak berati bahwa anda harus selalu menuliskan pelesetan atau simbol-simbol smiley dalam postingan. Gunakan trik ini sewajarnya saja hanya sekedar untuk menjaga ritme alur tulisan anda. Mungkin saja ini akan memberikan sedikit efek meminimalisir resiko orang berkomentar miring terhadap apa yang anda tulis. Menjaga sense humor yang baik dapat juga digunakan untuk menjaga harmonisasi antara tulisan anda dengan interaksi komentar yang muncul dalam blog anda. 

Buatlah postinglah secara teratur

Jika anda menginginkan blog anda dibaca oleh orang lain, bahkan lebih jauh selalu ditunggu oleh pembaca anda, cobalah untuk mulai posting secara teratur. Aturan ini tidak mengharuskan anda untuk menulis setiap hari atau setiap minggu, atau setiap bulan, dst. Contoh paling sederhana adalah dengan meniru prinsip adanya koran harian, mingguan, atau majalah bulanan. Mulailah untuk membawa catatan kecil untuk menampung ide menulis anda kapanpun, tidak perlu perhatikan waktunya. Hanya saja ketika itu akan dituangkan dalam blog anda yang notabene akan dibaca oleh orang lain, maka kebiasaan untuk mempostingnya secara lebih teratur akan memberikan nilai lebih. Ketika anda rutin memposting 1 artikel setiap harinya, maka pembaca yang menyukai blog anda mungkin akan kembali lagi besoknya untuk membaca postingan baru di blog anda.

Tetap menjaga passion anda dalam menulis

Hal terpenting yang harus jadi perhatian adalah sajikanlah posting terbaik dalam blog anda. Sudah terlalu banyak contoh blog yang memiliki rating sangat rendah. Bahkan orang lain sangat sulit untuk menemukannya melalui mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dst. Jika anda mengharapkan blog anda naik level, mulailah menjaga passion atas setiap posting yang akan dibuat. Mulailah berpikir tentang kualitas tulisan anda, tentang pengunjung blog anda, dan tentang setiap peluang untuk menghadirkan nilai-nilai postif secara maksimal. Hasilnya adalah anda akan mulai menyadari bahwa dari situ akan mulai tumbuh dan berkembang para pembaca loyal yang selalu tertarik dengan setiap postingan anda. Terlepas mereka hanya sekedar menyimak informasi didalamnya, ataupun lebih jauh untuk berinteraksi melalui komentar yang ujungnya bisa menambah wawasan dan info baru dari pembaca.

Kesimpulan

Blogging adalah salah cara yang ampuh untuk menyebar ide anda kepada orang lain (pembaca, red). Keberhasilan suatu blog ada ditangan anda. Konten yang baik, berpromosi secara mandiri dan tetap menjaga selera humor hanyalah sebagian dari beragam trik untuk membuat blog anda terasa semakin baik dari waktu ke waktu. 

1 komentar :

  1. Antara tahun 2005 hingga 2015 kalau saya amati aktivitas blogging begitu sangat gencarnya, namun saat ini kayaknya para blogger sudah mengalami kelesuan. Kelihatannya aktivitas blogging tidak cukup dengan mengikuti trend saja tapi hobi adalah kuncinya.

    BalasHapus