20 Januari 2016

Blogging : Daur Ulang Posting Lama Menjadi Informasi Baru

2 komentar :
Blogging bisa menjadi hal yang melelahkan ketika kita harus terus menerus menulis konten baru secara teratur untuk satu atau beberapa topik sekaligus. Untuk yang sudah menulis blog cukup lama dan memilik "harta karun' berupa puluhan atau bahkan ratusan posting yang sudah dipublish, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba memunculkan lagi topik-topik dari postingan lama untuk diolah menjadi tulisan baru yang lebih fresh! 

Dalam prakteknya, memang ini jangan sampai menjadikan seseorang menulis asal-asalan. Bahkan lebih jauh jangan sampai membuat orang lain (pembaca, red) berpikir "dari pada tidak menulis sama sekali?". Meskipun pada akhirnya keputusan mau dikemanakan arah sebuah blog itu ada di tangan penulis blog itu sendiri sepenuhnya.

Beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengolah posting lama menjadi info fresh diantaranya sbb :

  1. Jangan pernah meremehkan posting yang sudah lama. Terkadang kontennya masih memiliki traffic pencarian yang cukup tinggi di mata search engine. Contoh dalam blog ini adalah postingan ciri negara terbelakang dan perbedaan waterproof dan water resistant.
  2. Anda selalu bisa kembali dan melihat posting lama untuk melihat apakah konten tersebut masih relevan atau tidak dengan kondisi saat tulisan tersebut akan "diremajakan".
  3. Dalam era informasi digital, segala hal bisa dengan cepatnya berubah sehingga sesuatu yang Anda pernah tulis di masa lalu mungkin saat ini sudah terlihat usang dan kadaluarsa. Misalkan, beberapa tahun lalu Anda pernah memposting review sebuah gadget canggih. Mungkin defisini canggih di waktu itu akan tidak berlaku lagi untuk saat ini, bahkan bisa disebut sangat ketinggalan jaman.
  4. Mulai selektiflah dalam memilih posting lama dan segera temukan cara baru untuk menulis ulang atau menambahkan beberapa informasi baru.
  5. Perbanyak riset online, apakah ada penelitian baru pada topik yang akan ditampilkan dalam pembaruan posting blog?
  6. Cobalah gunakan pendekatan baru untuk topik tulisan lama sehingga seakan-akan dapat bisa menampilkan perspektif lain dari tema yang sama. Contohnya dalam tulisan Perusahaan Tanpa Aturan vs Perusahaan Segudang Aturan.
  7. Jangan lupakan bahwa komentar pembaca dalam postingan lama bisa memberikan ide tambahan untuk tulisan baru, sehingga lebih lengkap informasinya. Contoh postingan dengan komentar meriah bisa dilihat dalam tulisan Blogger Pensiun.
  8. Manfaatkan media sosial seperti twitter dan facebook untuk menambah informasi dalam tulisan "baru tapi lama" anda.

Itulah beberapa poin yang bisa jadi acuan untuk mengubah postingan lama menjadi sebuah informasi baru yang lebih fresh!.

Yakinlah bahwa blogging tidak harus sulit dan jangan membiarkan diri Anda untuk membuatnya lebih sulit lagi dengan pusing menentukan ide tulisan anda selanjutnya.

2 komentar :

  1. POSTINGAN YANG MENARIK! Kunjung balik yah
    download GRATIS buku dan soal IELTS, TOEFL, dan masih banyak lagi. di
    UNLIMITED WORLD
    MUDAH DAN GRATIS

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali, semoga bermanfaat bagi yang lain. Kunjungi www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik yang ramah lingkungan.

    BalasHapus