12 Agustus 2015

Penulis Sejati, Ide Tanpa Batas

Tidak ada komentar :
Ide Menulis
aLamathuR.com - Menjadi seorang penulis adalah tentang menguasai apa yang akan orang lain (pembaca, red) ingin rasakan, ingin ketahui atau sekedar ingin belajar sesuatu yang belum pernah didapatkannya dari pengalaman sebelumnya. Menjadi penulis juga berbicara mengenai bagaimana cara mempengaruhi pola pikir pembaca untuk bisa dipaksa memahami sebuah ide, menyerapnya, mengiyakannya, atau bahkan memberikan bantahan terhadapnya.

Terlepas dari pesan yang ingin disampaikan adalah baik atau buruk, seorang penulis akan "memaksa" memberikan kesan tulisannya menjadi "seakan baik untuk dikonsumsi (dibaca, red)". Dengan cara menyamarkan ide seperti inilah justru mereka akan menganggap penyampaiannya akan lebih mudah diterima pembaca. Tanpa disadari, pembaca akan mengiyakan dengan sendirinya terhadap "pesan-pesan terselubung" dari penulis.

Akan menjadi seuatu kebanggaan tersendiri ketika ide yang dituangkan seorang penulis menjadi sebuah mahakarya yang memberikan inspirasi banyak orang, bahkan lebih jauh menyebar menjadi sebuah "faham baru" atau bahkan sebuah "ideologi baru" sekalipun. Sangat mungkin!

Itulah sebabnya, buku misalnya, sebagai salah satu hasil karya tulis begitu efektifnya digunakan untuk memberikan pengajaran, menyebar pemahaman, menggali pengetahuan, bahkan mendoktrin pembaca sampai dengan titik yang tidak logis sekalipun.

Karena bagi seorang penulis sejati, ide adalah sesuatu yang benar-benar tidak terbatas.....


Tidak ada komentar :

Posting Komentar