15 Februari 2013

Pulsar 135 : Beda Bengkel, Beda Cerita

4 komentar :
aLamathuR.com – Tulisan ini asli berdasarkan pengalaman pribadi. Ketika dua hari yang lalu saya TuneUp Bajaj Pulsar 135 di bengkel resmi Bajaj yang ada di daerah Ciateul, Bandung. Begitu datang ke bengkel langsung diarahkan ke counter registrasi yang kebetulan satu ruangan dengan Suzuki. Langsung diminta isi data request detail service. Saya bilang minta diTuneUp, ganti olie sekaligus cek kelistrikan yang bermasalah.

Request pertama, TuneUp, gak ada masalah dan mekanik siap garap. Kemudian ganti olie ternyata meskipun statusnya bengkel resmi Pulsar, disitu gak nyediain olie resmi seperti bawaan pabriknya. Malah nawarin merek BM1 sama Shell. Kurang tahu juga apakah memang stocknya kebetulan lagi kosong atau memang tidak pernah nyetok sama sekali. Saya pikir daripada coba-coba, mendingkan saya urungkan untuk ganti olienya. Toh kalo olienya ternyata gak cocok sedikit banyak pasti ngaruh ke tarikan mesin, betul gak? **sok tau aja saya….


Cerita Soal Masalah Kelistrikan
Untuk request nomor 3 ni yang agak unik. Saya minta mekanik untuk cek kelistrikan. Ini saya mintakan khusus karena sebelumnya motor saya kebetulan ada masalah dengan lampu rem (belakang) yang gak normal, terus electric starter gak bisa berfungsi serta klakson hanya bisa bersuara kalo kondisi lampu jauh tidak dinyalakan (alias harus dalam posisi mati).

Keluhan ini sudah pernah dihandle oleh 3 bengkel resmi yang berbeda-beda. Bengkel resmi Bajaj SPM di daerah Rambay (Sukabumi), bengkel resmi Bajaj di daerah Ciaul (Sukabumi), serta Bengkel resmi Bajaj di daerah Ahmad Yani (Bandung). Hasil pengecekannya kata mekaniknya beda-beda pendapat :
  1. Menurut mekanik bengkel Bajaj Rambay (Sukabumi), problem kelistrikannya dari kabel body (utama) rusak harus diganti. Kemudian tanya ke bagian adm bengkelnya, harganya kisaran 200 ribuan. Nggak jadi saya ganti, karena kebetulan lagi bokek. Hahaaaa… 
  2. Menurut mekanik bengkel Bajaj Ciaul (Sukabumi), problemnya dari cell accu rusak, sehingga suplai arus kelistrikan tidak normal (terganggu). Accunya tidak bisa disetroom, harus segera diganti. Padahal baru setahun. Kata adm bengkelnya, harganya kisaran 215 ribuan. Masih penasaran juga, nggak saya ganti dulu.  
  3. Menurut mekanik bengkel Bajaj Ahmad Yani (bandung), problemnya ada di bagian accu dan kabel kelistrikan yang beberapa diantaranya harus diganti. Saran mekanik yang inipun saya cuekin, kali aja dia nebak-nebak lagi.


Setelah selang dua bulan kemudian, waktunya TuneUp lagi, 2 hari yang lalu motor coba saya bawa ke bengkel resmi Bajaj di daerah Ciateul (Bandung). Karena baru tahu juga bahwa ternyata ada bengkel Bajaj yang lebih deket dengan rumah di daerah Srimahi.

Berhubung servicenya di hari kerja (jam istrahat kantor), jadi motor saya tinggalkan saja di bengkel. Baru sekitar jam 3.an saya jemput. Motor pun selesai diservice jam 3 dan saya cek semuanya sudah normal lagi. Tarikan enak, dan yang paling penting SELURUH FUNGSI KELISTRIKAN KEMBALI NORMAL!!!

Karena penasaran, saya coba sekalian tanya-tanya ke mekaniknya soal penyakit motor saya sebelumnya. Ternyata, jawabannya MENCENGANGKAN sodara-sodara! Mekanik bengkelnya bilang gini : “semua komponen kondisinya masih bagus koq Pak, Nggak ada sparepart yang rusak atau harus diganti. Accu bagus, kabel-kabel juga oke, cuman saya rapih-rapihkankan saja sedikit jalurnya!”  Waduhhh…
Kesimpulannya
Apakah mekanik yang di Bengkel Bajaj Ciateul itu yang jago banget atau mekanik di bengkel sebelumnya yang masih perlu disekolahin lagi (bahasa halus dari ngasal, red). Wkwkwkwkkkk.. Piss mennnn… 

4 komentar :

  1. semua bengkel cma nebak2 aja.mekaniknya ank PKL semua.gk ada yg propesional...mksudnya bsa di gji dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyari mekanik kuda besi indihe ini memang agak boleh dibilang susah-susah gampang yah.. Cocok-cocokkan juga.. tul gak?

      Hapus
  2. kalo ada mekanik siboen chanel diyoutube mungkin lebih bagus syukur" dekat rumah .jdi mekanik jujur membantu sesama

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju... mekanik jago memang gak susah ditemuin saat ini.. tapi mekanik jujur itu yang perlu selektif.. antisipasinya setidaknya adalah dengan sedikit demi sedikit kita harus lebih mengenali si kuda besi sendiri.. minimal level tuneup/ganti oli harusnya mulai bisa dilakukan sendiri..

      Hapus