14 Februari 2013

BCU Pulsar, Canggih Tapi Sensitif

2 komentar :
aLamathuR.com - Ngobrol-ngobrol sewaktu kopdar dengan beberapa bro pulsarian Bandung minggu lalu, banyak ngasi pelajaran baru buat saya dalam hal mengenali jeroan mesin pulsar. Salah satunya adalah soal penyematan teknologi BCU (Body Control Unit). Kabarnya, teknologi ini sangat canggih karena umumnya hanya bisa dijumpai dalam mesin mobil-mobil keluaran baru. Jadi dalam hal ini, kuda besi dari negeri sakura pun lewat! Meskipun dalam beberapa hal tertentu, jika dibanding-bandingkan maka akan tetap ada plus-minusnya.

Secara garis besar, BCU ini adalah Benda berbentuk kotak yang ditempatkan didalam headlamp (pada Pulsar 180 UG-4, 200 dan 220 minus kick starter) yang berfungsi :
  1. Sebagai pengatur sistem kelistrikan pada lampu utama, lampu senja, lampu indikator switch di stang, lampu sien, klakson, speedometer, elektrik starter dan lainnya
  2. Sebagai Flasher dan pengaman arus, bukan saja arus positif, tapi juga arus negatif
Sayangnya karena bagian adalah termasuk sangat sensitive dalam hal perawatan, maka perlu perlakuan khusus agar fungsinya tetap bisa diandalkan. Diantaranya :
  1. Untuk meminimalisir resiko konsleting, maka usahakan untuk menghindari mencuci motor dengan air tekanan tinggi pada bagian headlamp (terutama bagian bawah). Beberapa ranger pulsarian bahkan lebih senang mencuci bagian ini dengan membersihkannya dengan lap saja. Atau bisa juga solusinya dengan menambahkan pelindung khusus untuk bagian ini.
  2. Karena system kerja BCU memerlukan tegangan listrik yang sangat stabil, maka kondisi accu mutlak harus sering dikontrol untuk meminimalisir resiko kerusakan yang lebih fatal.
Dengan perawatan yang benar, maka BCU yang ada dalam pulsar kesayangan Anda setidaknya akan bisa lebih awet dan terpelihara. Bukan apa-apa, kalau mesti cepet ganti kan sayang, apalagi dalam rilis Harga Eceran Tertinggi yang pernah dirilis Bajaj Auto Indonesia, harga unit BCU ini ada di kisaran 431ribu s/d 456ribuan, tergantung varian motornya. Lumayan mahal kan? 
Penampakan BCU Pulsar : 


2 komentar :

  1. bcu bajaj selain mahal juga langka,,baru baru ini saya mau mengganti bcu, tanya ke dealer nya 3 minggu baru ada, itu pun belum pasti,,saya sangat menyayangkan hal ini terjadi,..motor bajaj sebenar nya bagus dan tak kalah di banding kan dengan yamaha atau honda,.. namun ketersediaan spare part yang langka membuatkonsumen hanya melirik sebelah mata..saya berharap untuk kedepan nya,, seluruh dealer maupun sub dealer yang ada di indonesia dapat menyediakan spare part ujangan hanya motor nya saja ...trimakasih,,Kurnia Variasi Motor Dumai Riau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, anda bisa cari sparepart melalui teman2 komunitas Bajaj Pulsar. Banyak koq di FB. misalnya BAJAJ PULSAR INDONESIA. INDIPART. BURSA PULSAR INDONESIA, dll.

      Insya Allah problem sparepart teratasi.

      Hapus