30 Januari 2012

Operasi Minor Pulsar

6 komentar :
aLamathuR.com - Masih ingat dengan posting Pulsar di bulan Juli tahun lalu? Ini tautan postingnya. Yup, waktu itu ceritanya adalah perjuangan untuk mendapatkan si kuda besi ini. Dan akhirnya setelah beberapa bulan nongkrong di rumah, sekarang tampilannya sedikit berubah, karena sudah mengalami operasi minor pada tampilan luarnya, mulai lampu depan, spakbor depan, fairing sampai ban depan-belakang. Meskipun perubahan fisiknya lebih dikarenakan peristiwa insidental, tetapi luamayan lah hasilnya, nggak jelek-jelek amat.

Jadi ceritanya bermula seperti ini : Sekitar empat bulan yang lalu, tepatnya momen lebaran 2011, saya mudik dengan motor ini dengan rute Sukabumi-Bandung-Tasikmalaya. Pada perjalanan Bandung-Tasikmalaya, saya mengalami musibah kecelakaan tabrakan yang menyebabkan lampu depan pecah, tangki bensin penyok, spakbor depan hancur, serta bodi samping kanan tergores. Ketika masuk bengkel, ternyata stock batok lampu Pulsar P135LS di bengkel resmi Bajaj di Sukabumi sedang kosong dan harus Indent minimal selama 2 bulan untuk mendapatkannya.



Saya pikir jika harus menunggu 2 bulan untuk mendapatkan lagi lampu depan, maka artinya harus 2 bulan juga motor nganggur karena tidak mungkin digunakan tanpa lampu depan. Bisa-bisa bakal jadi sasaran Tidak mungkin!

Akhirnya coba dikonsultasikan dengan beberapa bengkel di dekat rumah, dan kebetulan ada yang menyarankan untuk mencoba untuk mengganti lampu depan motor ini dengan batok lampu punya Suzuki Satria FU150. Setelah dicoba diakali termasuk dengan dudukannya, eh ternyata pas. meskipun terlihat lebih kecil dibanding dengan lampu asli bawaan Pulsar.


Tak lama kemudian, terpikir untuk mengganti elemen lainnya agar motor ini tampak semakin cihuy. Langkah berikutnya adalah dengan mengganti Spakbor depan dengan milik Kawasaki Ninja RR. Memang pemasangannya diperlukan 2 buah plat tambahan untuk dudukan baut, tapi tidak masalah. Maka jadilah tampilan spakbor ninja di pulsar.

Setelah spakbor diganti, ternyata tampilannya menjadi "janggal" karena dengan spakbor baru yang ukurannya lebih lebar, menjadikan ban depan bawaan Pulsar semakin terlihat kecil, hampir mirip ban sepeda. hahaaa.. akhirnya muncullah ide untuk memindahkan ban belakang ke depan (ide yang sebenarnya konyol, karena ban belakang beda karakter kembangnya dengan ban depan), dan mengganti ban belakang dengan ukuran yang lebih besar.

Sentuhan terakhirnya adalah dengan menempelkan fairing milik Yamaha Vixion ke bodi kiri dan kanan. Plus menambahkan beberapa plat untuk dudukan baut di setiap bagian yang diperlukan. Memang tampilan fairing ini belum maksimal dan terkesan dipaksakan, tetapi tak apalah.. karena rencana saya kedepan memang akan menggantinya dengan fairing custom dan kebetulan saya sudah menemukan orang yang tepat untuk pengerjaan pembuatan fairing custom ini.

Jadi tinggal tunggu saja tampilan baru dari motor ini dalam beberapa bulan kedepan akan seperti apakah gerangan.. lebih baik atau lebih jelek?

Nongkrong Bareng dengan Pulsarian Sukabumi

Kalau lupa dengan tampilan asli motor ini, boleh bernostalgia dengan foto-foto dibawah :

Pulsar 135 LS : Minggu Pertama Nongkrong di Halaman Rumah

Pulsar 135 LS : Minggu Pertama Nongkrong di Garasi

6 komentar :

  1. Bro ..boleh tahu ukuran ban blkg berapa ? 120 or 130 ?
    apakah ada yg harus di rubah ?

    BalasHapus
  2. 120 dunlop. tapi masih kurang pas. licin banget kontur kembangnya..

    BalasHapus
  3. Bro..boleh tau tangki besin penyoknya akhirnya di gimanain? Ganti baru ato diperbaikin? Dan biayanya.. Tks

    BalasHapus
  4. Tangki bensinya msh dibiarin penyok sampe skrg gan. Itung2 kenangan.. Hehee.. Tp katanya Di dago, Bandung Ada spesiãlis tiup tangki Pulsar. Cuman blm tau ongkos kerjanya brp..

    BalasHapus
  5. gan, ban belakang dipasang di depan apa nggak mentok?
    terus yang belakang ukuran 120/70 atau 120/80?
    thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mentok sih nggak. Cuman handling jadi agak berat yah.. belakangnya 120/80 tetap...

      Hapus