13 Desember 2010

Arti Komunitas Blogger Menurut Anda?

15 komentar :
aLamathuR.com - Seberapa pentingkah arti komunitas untuk seorang blogger seperti saya? Itulah pertanyaan yang selalu terbersit dalam benak ketika periode awal ngeBlog. Pernah suatu ketika secara tidak disengaja saya mencoba untuk bergabung dengan salah satu komunitas blogger yang ternyata blog komunitasnya sendiri seperti 'mati suri', alias sudah lama sekali tidak pernah diupdate lagi. Blog yang dimiliki sebagian besar membernya pun setali tiga uang, alias sepi dari aktivitas blogging. Saya pikir, mungkinkah komunitas ini sudah bubar? atau ....

Tapi ternyata perkiraan saya keliru. Pada Pesta Blogger+ 2010 yang baru saja dihelat bulan Oktober yang lalu, komunitas ini muncul dan kebetulan saya sempat menyalami beberapa membernya satu-persatu. Perbincangan ringan pun tak terhindarkan. Saya sampaikan bahwa suatu ketika saya pernah mengajukan diri untuk bergabung dengan komunitas tersebut, dan tak pernah ada respon dari siapapun yang ada di komunitas tersebut. Tahukan apa jawaban yang terlontar? Singkat saja, "...biasanya kalau mau bergabung dengan komunitas kami, mas tinggal datang saja ke "sini" (menyebutkan suatu tempat). Dan soal blog kami yang itu memang sudah jarang sekali kami update mas!. Maklum kami sibuk dengan pekerjaan masing-masing...hehee.."

Kemudian saya berikan sedikit pertanyaan sentilan, "Jadi saat ini komunitas ini lebih mirip gank kopdar murni dong daripada sebuah komunitas blogger?". Mereka jawab : "Ya gitu deh... heheheee..."

Pengalaman saya dengan komunitas blogger lainnya terjadi beberapa bulan lalu di salah satu pusat nongkrong anak muda di bilangan Jakarta Pusat. Menurut salah satu sumber terpercaya, setiap Sabtu malam komunitas ini berkumpul yang kalau sekilas saya perhatikan tidak jelas apa yang mereka lakukan dengan kumpul-kumpul tersebut. Tapi mungkin saja mereka tujuan tertentu dengan kumpul-kumpul tersebut... wallahu 'alam...
 
Tapi dari sekian komunitas yang saya jumpai langsung dalam PB+2010 beberapa waktu lalu, tak sedikit juga komunitas yang mampu eksis dan tampil solid secara grup maupun secara personal member-membernya. Diantara beberapa komunitas yang menarik perhatian saya waktu itu adalah deBlogger (komunitas blogger depok), dblogger (komunitas blog detik), BloggerBekasi dan Blogor (komunitas blogger Bogor). Salut lah buat mereka, kompak banget!!! Anda sendiri tergabung di komunitas yang mana?

Jadi menurut Anda pribadi, apakah komunitas blogger itu memang benar-benar untuk saling bertukar pikiran, sharing pengalaman atau sekedar cari teman-teman untuk bisa diajak kopdar hura-hura dan makan-makan saja?

15 komentar :

  1. komunitas yang berisi orang-orang yang senang ngeblog

    BalasHapus
  2. Mungkin kopdar itu punya keasyikan tersendiri, tapi kalo cuma untuk makan2 dan hura2 jadi gak penting donk.. tapi itu menurutku

    BalasHapus
  3. Sayangnya saya tidak tergabung dengan komunitas blogger apapun. Di Bali hanya ada beberapa, itupun isinya orang-orang dewasa saja.

    BalasHapus
  4. Sebelumnya apa kbr nie Sob?? hhe... wah ketinggalan aku

    klo menurutku lebih ke KOpdarnya Sob.. masalahnya aku juga jarang posting atau ng'thread di komunitas Onlinenya.. tapi klo ada pemberitahuan via E-mail ya langsung berangkat hhe...

    kayanya emank banyak yg sibuk 2 tahun belakangan ini... apalagi Blogfam yg waktu itu aku tanyain waktu PB yg kata sobat udah dibukuin Forumnya hhe...

    itu menurutku sih... gak tau klo yg lain mikir Thread yg berkala lebih nunjukkin Existnya hhe... lha wong aku update blog sendiri aja senin kamis haha..

    Semangat Terus Sob.. :p

    BalasHapus
  5. Kalau saya belum pernah kpdar sm blogger apalagi gabung dng blogger2 lain....kalau komunitas mungkin lebih kepada group2n gitu kali ya...ga ngerti kaya gituan UM yang penting Asyik aja...!!!

    BalasHapus
  6. + handout : terima kasih sudah "membaca posting ini secara lengkap"..^_^
    + teh TriZ : kapan ya kita bisa kopdar..? pasti seru karena bahasa planet qt bakal dianggap roaming sama yg lain.. heueuuu..
    + Dearryk : bukannya di Bali ada BBC (Bali Blogger Community)? coba deh masuk ke blognya..
    + Ferdinand : kabar sy RUARR BIASAA..!! update senin kamis? wah, sepertinya anda keliru, karena kotak buzz saya selalu infoin ada update-an baru dari dj-site setiap harinya.. hahaaa...
    + ChugyGogog : wah, sayang sekali padahal setahu saya banyak blogger yang tertarik dengan dunia desain grafis, dan anda bisa menjadi salah satu narasumbernya...

    BalasHapus
  7. Nanti aja kopdarnya kalo kang athur lagi mudik ke tasik.. janjian we di tugu monyet nya ! uninga tugu monyet teu ?.. hehe

    BalasHapus
  8. + teh TriZ : mangga atuh diantos.. tapi da tugu monyet mah teu aya ditasik, pami di bandung mah aya...

    BalasHapus
  9. Eee.. di tasik oge aya tugu monyet, geura ameng ka perum cisalak, di perjalanan pasti mendak patung monyet disebatna teh tugu monyet

    BalasHapus
  10. + teh TriZ : eh, terang perum cisalak oge geuningan.. curiga si eteh urang tasik, sanes urang bandung da.. heuheuu..

    BalasHapus
  11. Sanes ti Bandung, sanes ti Tasik tapi ti tengah2.. abdi mah hobi jalan2 we kang.. hehe..

    BalasHapus
  12. + teh TriZ : Garut atuh pami ti tengah2 tasik-bandung mah? wah, pantesan... mirip dodol.. hahaaa...

    BalasHapus
  13. bakal sharing pengalaman lah....>_<

    BalasHapus
  14. ngak tau ..
    my be tempat kumpul para bloger..

    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal ekonomi andalas

    BalasHapus