02 November 2010

Pesta Blogger+ 2010 dan 14 Tahun Yang Lalu

22 komentar :
aLamathuR.com - Perjalanan hidup memang terkadang menarik untuk ditelusuri ketika kita telah melawati berbagi hal. Seperti halnya pengalaman saya dalam melanglang buana di dunia maya. Saya tahu bahwa inilah salah satu dunia yang telah membatu saya untuk terus bisa menjaga silaturrahmi dengan teman-teman sekaligus membangun relasi yang lebih luas. Kalau dingat-ingat lagi beberapa tahun kebelakang, jadi nginget-nginget lagi pengalaman mulai masuk ke dunia maya sampai bisa terus eksis sampai sekarang. Dari jamannya chatting sampai ngeBlog. Dari mulai kenal satu dua orang, sampai kenal beratus-ratus blogger yang berbeda gaya.

Jika dirunut kebelakang, inilah catatan singkat kronologis perjalanan aLamathuR dalam mengenal, memasuki dan aktif di dunia maya. Catatan singkat ini hanya untuk sharing pengalaman dengan rekan pembaca sekalian. Siapa tahu ada satu dua kemiripan dengan yang pembaca pernah alami....

1996

Mulai denger dan baca-baca hal-hal yang berhubungan sama dunia internet. Sering beli majalah bekas pake uang beasiswa yang seharusnya buat beli buku pelajaran. hihiiiii...
 

1998
Mulai kenal Internet : aplikasi email di yahoo.com, aplikasi chatting pake mIRC, Buka account geocities buat bikin situs gratisan! Sebagian besar uang jajan dihabisin buat bayar warnet! Bisa berjam-jam tuh kalo udah di depan komputer.
 

2000
Buka akun cjb.net, buat mempersingkat URL situs gratis yang dibikin di geocities.com jadi ke http://alamathur.cjb.net. Lebih singkat, lebih gampang diingat, biarpun cuma bertahan 1-2 tahun saja.
 

2001
Off, menghilang dari dunia maya! Kerja cari duit, buat nambah-nambah modal kuliah. Alhamdulillah akhirnya cukup, meskipun hanya cukup buat beli formulir registrasi ujiannya saja. heheee...
 

2003
Mencoba mengerjakan projek website pesanan imaksi.com, alamathur.com, GAGAL TEREALISASI! Banyak faktor X menghadang...
 

2004
Intensitas online hanya sebatas untuk searching plus download plugins, drivers dan soundbank untuk projek musik digital dengan fruity loops dan Propellerhead Reason. Setelah berguru kepada master Triswan, akhirnya "Sukses" meluncurkan beberapa track lagu yang tidak pernah dipublish sampai sekarang! (biarlah menjadi album koleksi pribadi selamanya.. hahaaa...)
 

2005
Mulai kenal ngeBlog dengan wordpress. Ekspansi di jagad blogosphere dengan URL http://alamathur.wordpress.com. Disela-sela waktu online, diisi dengan belajar Photoshop, CorelDRAW dan Macromedia Flash. Photoshop dan CorelDRAW berlanjut sampai sekarang, Flash terbengkalai.. sampai benar-benar lupa lagi.
 

2006
Masih berkutat dengan promosi alamathur.wordpress.com kemana-mana. Padahal nggak penting banget isi blognya!!! hihiii...
 

2007
Facebook mulai sedikit mengambilalih porsi waktu online. Kerjanya cuma (nge-Add) ngumpulin temen-temen seingetnya.
 

2008
Momen penting. Mulai punya koneksi sendiri dirumah dengan akses IM2. Kartu perdana IM2 dikasi temen, katanya hadiah dari kejuaraan futsal di salah satu Mall di Jakarta. Dengan akses sendiri di rumah, biaya online bulanan mulai sedikit terkendali.
 

2009
Mulai aktif lagi ngeBlog, tapi pindah platform. Juli, akun di blogger.com dibuat. Beberapa bulan kemudian, blog wordpress sengaja dihapus. Setelah melewati berbagai pertimbangan, akhirnya domain alamathur.com terealisasi.
 

2010
Berusaha konsisten nulis di blog alamathur.com sampai akhirnya menemukan info tentang rencana penyelenggaraan Pesta Blogger+2010. Begitu ada tawaran untuk bergabung sebagai volunteer untuk event ini, langsung kontak chairperson event (mbak rara) via gtalk, nunggu sehari dua hari akhirnya dikonfirmasi, disuruh dateng ke lokasi buat ikut rapat koordinasi bareng panitia. Ketemu dengan Shinta Setiawan (a.k.a Mas Bro), diterima! Akhirnya terlibatlah diacara kumpul-kumpul komunitas blogger tahunan seNusantara ini, bertitel Pesta Blogger+ 2010 "Merayakan Keragaman".

22 komentar :

  1. koq ngga crita kalo join milis gajah?

    BalasHapus
  2. + golda : hahaa.. iye belom dapet respon nih dari om-tante adminnya. kmrn abis diinterogasi mas bro juga d twitter.. heheeuu..

    BalasHapus
  3. Wah ternyata si UM sudah lama berkecimpung dalam dunia perblogingan...kalau saya mulai kenal internet dan ngeblog baru 3 th kebelakang hehehehe...

    Sukses selalu UM...Gimana ni Pesta blogger kemaren seru kayanya?

    BalasHapus
  4. salam sahabat
    ehm pesta blogger yang meriah dan menyenangkan.semoga sukses selalu yach

    BalasHapus
  5. Waduh ngulangnya jauh juga ya 14 tahun hhe... klo ane kelamaan maen di Hack dlu sih jadi agak telat kenal Dunia Blogging biarpun juga udah lama hhe.... owh ternyata dulu pake pLatform WP ya Sob... klo aku malah terbalik.. dari domain bayar, pindah ke WP baru sekarang di Blogger.com hhe..... btw, beli si Alamathur.com dimana Sob? privasinya bagus gak? ane juga mau register domain baru nie kayanya.... d'tgu jawabannya hhe..

    Happy blogging N met aktivitas...

    BalasHapus
  6. >> huaha... klo ente sih ane udah tau bawa karung berasnya 2 haha.... Sob ikutan Blekko.com donk... asik tuh Social Networknya Blogger hhe.. baru launcing 2 hari... jadi masih anget wkwkw..... aku masih nunggu jawaban beli domainnya nie hhe...

    BalasHapus
  7. + ChugyGogog : yah, tp dr 2005 smp tahun kmrn itu hanya iseng saja. Tulisan hanya diposting seketemunya dengan komputer hehee..

    PB kemaren lumayan (maksudnya lumayan capek..) tapi secara keseluruhan seru..

    + Dhana/戴安娜 : lumayan meriah, banyak yang dateng, dari sumatera sampai papua..

    + Ferdinand : yoi, pake wordpress ga lanjut karena waktu itu widget-widgetnya masih sangat terbatas (beda dengan wp yang sekarang..)

    beli domain di idwebhost.com. sejauh ini ga pernah ada masalah. kemaren-kemaren abis perpanjangan lagi buat setahun kedepan..

    BalasHapus
  8. wow ternya sudah lama banget kenal internet yaa...
    saya baru thn 2000 kenal Inet
    dan baru serius ngeblog thn 2009
    karena sebelumnya lebih banyak main di forum macem kaskus or detik forum

    Btw kemaren ajdi volunter jaga mana mana yaa..
    soalnya dua kali saya nanya volunter ttg mushola :D
    nanyanya ke volunter yang ada di depan registrasi

    BalasHapus
  9. Mungkin aku yg telat nih... karena kenal internet baru awal th 2007 yang lalu. Hiks...

    BalasHapus
  10. Ternyata di Pesta Blogger kemarin sempat jadi panitia ya..? Asyuk dong ya bisa ketemuan dg banyak blogger... :)

    BalasHapus
  11. wah aku jadi terharu ni baca kisah pertemuanmu dengan si maya, kira2 waktu SMA kali yah.. hehe..

    Kalo aku sih pertama kali kenal dunia maya, waktu masih kerja dulu (10 th lalu), cuma untuk baca2 aja kalo pas istirahat kerja, kadang suka nyolong2 waktu kerja juga.. hehe

    Sampai sekarang masih suka nyolong waktu, kalo lagi masak ato masih sibuk dgn kerjaan rumah bawaannya gatel pengen nengokin si maya.. jadi di rumah aku selalu siapkan alarm.. untuk mengingatkan berapa lama masakan mateng... kapan jemuran harus diangkat, kapan menjemput anak dari sekolah... dll, dst, dsb.. jadi blogging sama kerjaan dijalanin bareng2 biar akur.. hehe..

    BalasHapus
  12. Sore Sob... mumpung kerjaan udah tuntas ane mampir refresh otaq dulu hhe......

    Owh di idwebhost ya SOb... okeh deh ane coba nyari domain yg cocok dlu klo gtu hhe.... makasih banget nie jawabannya...

    oiya btw, bener juga tuh kata nita aku juga gak nemu musholla deh kayanya kemaren haha....

    BalasHapus
  13. wah 96 saya masih SD tu om, hehehehe, mantep ya ternyata biografinya

    BalasHapus
  14. + Yusnita Febri : kaskuser juga ya? sama dong.. biarpun masih tetep newbie terus dari dulu.. hihiii..

    + catatan kecilku : kan prinsipnya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, ya kan?

    + the others : bukan panitia, tapi (minjem istilah yusako) panitia jadi2an.. alias volunteer alias sukarelawan.. heheee..

    + teh TriZ : halahh.. si eteh janten lebay kitu, meni dugi ka terharu kitu.. biasa wae atuh teh. Eh, eta sadaya parabotan di bumi eteh nganggo alarm atuh?? wkwkkk..

    + Ferdinand : pokonya sepanjang pengalaman ane pake jasa idwebhost, ga mengecewakan deh bos! tinggal pilih2 paketnya aja mau yang mana.. O iya, tentang mushola, itu ada di lt-5. Saya jg dikasi taunya sama petugas cleaning service di lt-4 .. hahaaa..

    + OEN-OEN : berarti kamu SD, saya SMP.. jangan sebut ini biografi lah. ini cuman sharing pengalaman singkat aja koq..

    BalasHapus
  15. ngeri aku mau gabung sama gajah nungging, Mang.. =))

    BalasHapus
  16. Wah.. sudah lama bergaul dg dunia maya mas Arthur ya. Banyak juga pengalamannya berarti. Kalau saya baru kenal internet setahun. Dan blogging baru 6 bulan...

    Selamat ya buat aLamathuR semoga jaya terus di dunia maya!

    BalasHapus
  17. pagi Bozz alam athur hhe... biasa refreshing sebentar hhe... wah klo uda ada review gak mengecewakan dari si Bozz aku yakin deh hhe.... tapi masih belum nemu domain yg pas nie hhe... udah kepake semua ....

    Walah.. jauh amat mushola dilantai 5 .... pantes aku tanya gak ada yg tau.... udah gitu aku juga jalannya cuma sampe kantai 4 haha....

    met ativitas lagi ya Sob... :P

    BalasHapus
  18. Ya enggak lah alarmnya satu juga cukup, kalo pekerjaan yg satu selesai dipasang lagi alarmnya untuk kerjaan yg lain begitu seterusnya.. tapi emang sih ada perkakas ttt yang memang sudah terpasang alarmnya.. hehe janten ngadongeng.. wantun dongeng soteh margi we ka orang tasik.. da pami ka orang belanda mah teu ngartos bahasana ge teu tiasa... haha

    BalasHapus
  19. + yusako : hahaaa.. justru itulah yang bikin saya penasaran! ditakut2in sama mas bro, tp tetep aja ga terpengaruh.. hihiii..

    + Pak Guru Anas : tapi biarpun baru setahun, saya sangat yakin eksistensi pak guru akan lebih cepat meroket karena tulisan2 kritisnya.. heheee..

    + Ferdinand : pagi juga. saran saya sih domainnya ga jauh2 dr URL sekarang (dj). biar ga kehilangan image gitu..

    + teh TriZ : owh gitu toh. perkakas seperti microwave mngkn mksd teteh nya? hhmm.. eits ulah lepat, urang belanda mah masih seueur nu ngartoseun bahasa sunda mah.. kan seueur nu gaduh luluhur ti tanah pasundan oge.. heuehuu..

    BalasHapus
  20. Siank Sob.. aku datang.... hhe.... Ok makasih sarannya sob... mauku juga gitu,, sayangnya klo dj-site.com udah ada yg punya haha.... mau register dj-site.org ngerinya bermasalah hhe... ntar deh pikir2 dlu hhe...

    Met aktivitas lagi Sob..

    BalasHapus
  21. + Ferdinand : gimana klo dj-site.net? nanti pas klo mau dikembangin jadi network site.. kan situ punya banyak blog.. y kan?

    BalasHapus
  22. waaaaaaaaaaah, kereeeen *jadi jatuh hati. halah*
    eh ci ujang, biar kagag penting jugak yang pinteng eksis. huahahahah...

    BalasHapus