14 Oktober 2010

Perubahan Tampilan Yang (Tidak) Signifikan

8 komentar :
aLamathuR.com - Menjelang petengahan bulan Oktober ini, tampilan blog ini sedikit mengalami make-over lagi. Bukan karena bosan dengan tampilan layout yang lama, tetapi awalnya hanya untuk eksperimen. Dalam tampilan baru kali ini ada beberapa perubahan, diantaranya penambahan widget yang menampilkan tulisan paling sering dibaca (istilah kerennya popular post). Widget seperti ini sebenarnya bukan barang baru dan sudah banyak yang menggunakannya, tetapi sekarang widget ini sudah diperkenalkan secara resmi sebagai widget bawaan Blogger.com. Dalam editornya pun masih diberi label sebagai widget (basic) baru.

Perubahan kedua saya terapkan pada tampilan grafis judul blog ini. Jika sebelumnya dominan dengan warna putih dengan aksesn biru, maka kali ini saya gunakan warna yang lebih tegas, yaitu hitam dengan sedikit aksen biru. Coba Anda perhatikan perbedaannya dengan grafis judul blog yang saya gunakan pada tampilan terdahulu. Manakah menurut Anda yang lebih menarik?




Perubahan berikutnya saya lakukan sedikit penambahan pada tab menu/ navigasi. Meskipun ini hanya merupakan penyederhanaan dari beberapa kelompok label, tetapi tujuannya utamanya adalah tetap untuk membantu memandu pembaca dalam menemukan topik-topik utama yang menjadi bahasan dalam blog ini.

Jika Anda pernah mengunjungi blog ini beberapa bulan lau, mungkin Anda ingat persis kalau ini adalah perubahan kedua kalinya dalam tampilan antarmuka blog ini. Ketika berganti baju pun saya pernah mereviewnya dalam tulisan Wajah Baru, Semangat Baru. Hanya saja, bedanya ketika perubahan yang dilakukan adalah cukup ekstrim. Dari layout empat kolom ke layout tiga kolom. Dari warna dominan kuning, menjadi agak kebiru-biruan.

Dengan perubahan sederhana pada tampilan kali ini, saya meminta bantuan Anda untuk memberikan reviewnya atas tampilan yang baru ini. Baik dari segi desain, maupun dari segi loading halaman yang Anda alami ketika mengakses halaman blog ini. Apakah masih cukup cepat, biasa saja, atau malah lambat. Terima kasih sebelumnya.....

8 komentar :

  1. Hmmm ... karena ada penawaran reviewnya maka saya tertarik untuk sharing soal desain template aLamathuR sekarang.

    Loadingnya bagi saya tambah kencang dari biasanya.

    Kalau soal title blog, saya pribadi lebih suka kesan efek cahaya biru diatas tulisan dihilangkan. Begitu juga dengan garis bawah dan 5 lingkaran kecilnya. Karena dalam konsep desain saya, asesoris yg tdk membangun makna pokok harus dipangkas demi membangun kaharisma titlenya.

    Kemudian soal sidebar (kolom),
    Kalau saya lebih suka arsip ditarik ke atas dan ditampilkan judul tulisannya dg jelas. Karena bagaimana pun, pembaca loyal adalah pemangsa tulisan. Mereka lapar inspirasi. Kalau gambar, biasanya hanya daya pikat utk blogger pemula. Tapi bgt fase awal blogging berlalu, mereka lebih terusik oleh gagasan dari pada oleh gambar.

    Seandainya saya yang punya blog ini maka, beginilah urutan widgetnya yg akan saya susun mulai dari atas:
    1. Label
    2. Arsip (yg terlihat judulnya)
    3. Tulisan yang sering dibaca
    4. Tulisan yang berhubungan
    5. Langgaman email
    6. Dst

    Ah .. terlalu cerewet nih pendapat saya mas Athur. Maaf ya, jangan diambil hati ..

    BalasHapus
  2. + Pak Guru Anas : Lengkap sudah rekomendasinya Pak.. untuk beberapa hal saya setuju dengan Anda. Salah satunya menghilangkan 5 lingkaran kecil (sebenarnya maksud saya itu adalah titik-titik..), tetapi garisnya masih tetap ingin saya pertahankan.

    Mengenai sidebar, menampilkan arsip posting dalam format 'menampakkan judul2nya secara lengkap' memang itu bagian dari rencana saya kemarin. Hanya saja, saya masih memerlukan kode untuk membuat pembatas areanya (dengan scroll).. supaya kotak widgetnya bisa saya buat fix ukuran tingginya. Jadi tidak akan mengganggu posisi widget2 dibawahnya..

    Nanti saya akan coba googling cari kodenya untuk mensupport tampilan seperti yang direncanakan tersebut. Atau barangkali Pak Guru bisa bantu susunkan kodenya untuk saya??? hhhmmmm......

    BalasHapus
  3. Saya juga kurang paham dg detail coding mas Athur. Apa gak bisa didrag langsung ke atas ya? Biasanya kalau template bogger bisa kan. Tapi ini templatenya kreasi O-0m ya nggak gerti juga saya mas Athur... Semoga saja ketemu tutorialnya. Atau mendingan tanya sama yang buatnya secara langsung. Tentu dia mengerti.

    BalasHapus
  4. Kalo menurutku tampilan nama blognya lebih manis dibanding yang kemarin, lebih nampak macho.. mungkin itu saja kang athur.. diriku tidak punya banyak teori.. yang penting sesuai dengan mottonya wajah baru semangat baru...

    BalasHapus
  5. + Pak Guru Anas : maksud saya kode yang diperlukan bukan untuk mengatur posisi penempatan (urutannya), tetapi untuk membuatkan tab scroll supaya arsipnya tetap tampil semua judul tulisan, tetapi dengan height yang tetap (misalkan dibuat sebesar 150px)... sepertinya kodenya memang sederhana, tapi nanti saya coba cari deh siang...

    + teh TriZ : macho?? ah, yg bner? machoan mana sama mantan pacar teteh? hahaaa...
    terima kasih atas apresiasinya teh. Pokoknya wajah baru, semangat baru lahhh...

    BalasHapus
  6. Tampilan sekarang sebenernya ga terlalu jauh berbeda sama yang sebelumnya. Cuman di bagian atasnya sekarang lebih tegas aja n lebih keliatan jelas. Mungkin karena penggantian warna dasar dari putih ke hitam kali, jadi lebih kontras

    BalasHapus
  7. Template yang bagus gan! gw suka dengan 'kesederhanaannya'. Ga banyak iklan, n setiap widget berfungsi optimal!

    BalasHapus
  8. + LalaguanSorangan : betul mas. Bagian judul memang sengaja saya buat dengan warna gelap agar lebih kontras dengan warna latar templatenya. Jadi supaya lebih eyecatching gitu deehh..

    + Anonymous : trims untuk apresiasinya gan ano. Mudah2an pembaca yang lain bisa merasakan hal yang sama dengan pendapat mas ano...

    BalasHapus