27 September 2010

Jangan Ragu Menulis Konten Yang 'Tidak Menarik'

13 komentar :
aLamathuR.com - Rekan blogger sekalian, jika selama ini Anda selalu beranggapan bahwa satu-satunya jalan untuk menjadikan blog Anda populer dimata pembaca adalah dengan cara selalu menulis konten (posting blog) yang sedang menjadi topik pembicaraan hangat, atau harus dengan gaya yang kontroversial, maka mulailah untuk mempertimbangkan yang akan saya sarankan dalam tulisan kali ini. Ini bukanlah suatu hal yang rumit dan bukan pula teknik SEO tingkat tinggi, sehingga saya yakin Anda pun bisa mencobanya. Perlu bukti? Teruskanlah membaca paragraf selanjutnya.


Gb.1 Klik untuk melihat ukuran sebenarnya
Gb.2 Klik untuk melihat ukuran sebenarnya

Coba Anda perhatikan gambar ilustrasi komposisi konten Top10 blog ini menurut data statistik blogger.com selama periode Mei-September 2010 (gambar 1) dan data statistik google analytics selama periode Oktober 2009-September 2010 (gambar 2). Topik apakah yang menempati peringkat pertama? ternyata itu bukanlah tulisan yang bertema seleb (karena saya bukan jurnalis infotainment), bukan bertema tutorial (karena saya bukan pula seorang blog-master), ataupun bukan topik unik bin aneh bin ajaib bin langka! Yup, itu hanyalah tulisan saya yang sederhana dan sangat 'tidak menarik', mengulas ciri-ciri negara terbelakang menurut apa yang saya kaji dan pahami.

Jika Anda bandingkan antara tampilan konten Top10 dalam gambar diatas dengan beberapa komentar yang menanggapi posting tersebut maka akan terlihat dua sisi yang unik untuk disimak. Secara peringkat, konten ini menempati peringkat ke-1 sebagai posting terpopuler di blog ini, tetapi disisi lain ada komentator (yang sengaja saya biarkan dan tidak dihapus) yang menanggapinya dengan 'nada menyindir'.. hhmmm.. cuman sayang sekali, yang bersangkutan tidak berani mencantumkan namanya (alias Anonymous).

Kenapa tulisan yang 'tidak menarik' ini bisa berada di peringkat pertama? Analisa sederhana saya memprediksi jika tingginya stabilnya traffic untuk tulisan ini mungkin disebabkan karena bahasannya bisa menjadi salah satu tambahan rujukan untuk siswa SMP/SMU atau mahasiswa yang sedang mencari data dan informasi untuk melengkapi tugas sekolah/kuliah mereka. Dalam data statistik harian versi blogger.com maupun versi google analytic pun ternyata untuk tulisan ini setiap harinya selalu saja ada user yang mampir ke posting ini karena direkomendasikan terutama oleh mesin pencari Google.

Anda sah-sah saja berpendapat jika konten seperti ini sangat tidak menarik! dan bahkan saya berani jamin jika saya meminta Anda untuk menulis hal-hal seperti ini, maka mungkin Anda akan berpikir 1000x untuk mau menulis atau mempostingnya dalam blog yang Anda miliki. Hahaaaa....

Secara pribadi saya sangat memahami jika rata-rata persepsi Anda (sebagai blogger) saat ini adalah kurang lebih masih sepert ini: "Menulislah tentang sesuatu hal yang benar-benar menarik (padahal itu mungkin hanya menurut Anda sendiri), up to date, yang masuk top trending, hot topic dsb." Saya tak sepenuhnya menyalahkan pandangan seperti ini, karena saya pun menyadari jika blog Anda, tentu isinya terserah Anda. Tetapi tak ada salahnya juga Anda untuk mencoba sesekali mengangkat tentang sesuatu tema yang 'lebih bermanfaat' meskipun terkadang itu terlihat (seakan menurut Anda) kurang menarik. Simak saja contoh lain tulisan saya yang 'tidak menarik' yang pernah saya rilis di blog ini:


Ingatlah bahwa pembaca blog Anda mungkin tidak semuanya sekedar mencari bacaan hiburan semata. Dan sangat memungkinkan juga kalau pembaca datang ke blog Anda adalah untuk mencari referensi (meskipun blog Anda bukan sebuah Ensiklopedia) dan bacaan-bacaan bermutu. Jika ternyata misalkan para pembaca ini 'terdampar' dan menemukan blog Anda karena direkomendasikan oleh search engine (seperti Google atau Yahoo) bukankah itu akan memberi pengaruh bagus untuk ranking blog Anda juga di mata mesin pencari?

Jadi mulai saat ini masihkah Anda ragu untuk mulai menulis konten yang 'tidak menarik'? saya akan buat ini sebagai tantangan menulis untuk Anda...

13 komentar :

  1. Hebat Um ... Tulisan yang dianggap tidak menarik jadi top rank di google apalagi tulisan yang dianggap enarik ya....makin top kayanya....!!!

    Saya cek dulu Um untuk tulisan saya,,,maklum jarang ngecek tulisan2 yang dulu.

    Sukses selalu.

    BalasHapus
  2. + ChugyGOGOG : betul mas. karena persepsi saya, jika saya tetap memaksakan diri 'bertarung' dengan para master SEO untuk menulis di topik2 populer, maka tentu saya akan kalah jauh dari mereka.. mungkin tulsian2 saya bisa nongkrong di halaman ke 11.572 nya google.. hahahaaa.. jadi lebih baik saya cari celah alternatif.. bukankan selalu saja ada banyak jalan menuju jakarta? eh roma? hhmmm...

    BalasHapus
  3. Benar juga ya mas, banyak konten yg dibutuhkan orang tapi temanya gak menarik, tapi pasti dicari banyak orang karena untuk sebuah keperluan kayak mahasiswa gitu.. boleh juga tipsnya buat yang ngejar Top-top-an.. hehe..

    Enaknya aku manggil apa yah Mas Al ? Mas Athur ? ato Mas Roni.. kok namanya kayak orang belanda aja..

    BalasHapus
  4. + teh TriZ : ehhh.. itu bukan dalam rangka ngejar top2an.. niatkan membantu pembaca saja dalam mendapatkan bahan2 bacaan yang bisa menjadi tambahan rujukan..

    masa Mas? saya kan Sunda? pasti teh TriZ tau lahh apa seharusnya.. heheee.. tp btw, knp selalu ada nama Roni ya? siapa si itu? ckckckk..

    BalasHapus
  5. kumargi kang athur mirip roni sianturi... kumaha atuh manggilnya.. Kang Al ? ato akang hileud jawa..? haha

    BalasHapus
  6. + teh TriZ : hahaa..akang hileud? boleh juga.. tapi perihal mirip roni, teu oge ah.. tebih pisan da.. pami teh TriZ mirip saha tah?

    BalasHapus
  7. teu akh abdi mah moal aya nu nyamian.. ngan hiji2na sa alam dunya, saur mantan kabogoh oge nu ayeuna janten caroge... abdi teh pang geulisna sajagat raya... haha..

    BalasHapus
  8. Siip! Thanks dah di share.. menyimak dan banyak belajar disini, terutama untuk berani menulis hal-hal yang tidak menarik..karna saya percaya semua akan ada masa'nya.. hal-hal yg menurut kita tidak menarik yg kita tuliskan, bisa jadi adalah hal-hal yang menarik bagi orang lain..

    BalasHapus
  9. + teh TriZ : dupi ari mantan kabogoh teteh naha teu dipiwarang ngaBlog oge atuh? pan ngarah rame.. urang bahas deui kue gosong tea.. hahaaa...

    + dee : betul sekali. Saya bisa ambil contoh sederhana pada konten di blog yang Anda miliki.. tulisan berbahasa inggris bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan variasi postingan blogger2 di negeri ini.. menurut salah satu teman saya yang ngerti bahasa inggris, dia bilang tulisan di blog deasy-world bagus2.. dia suka. Lain lagi menurut teman saya yang satu lagi yang ga ngerti bahasa inggris.. dibilangnya gini: "apaan ni? mana ada blogger kita yang mau baca tulisan seperti ini?"... hhmmmm...

    BalasHapus
  10. Benar mas. Saya setuju. Apa yang kita pandag remeh mungkin bagi sekelompok pengunjung tertentu sangat bermanfaat. Saya sendiri minggu kemaren hanya iseng saja ingin menyalurkan pandangan sya soal penfsiran thd Alquran. Tau2 dalam satu minggu salah satu tulisan tsb dibaca sebanyak 4000 (klik)....

    Kenapa tidak dicoba ya mas Arthur...

    BalasHapus
  11. + Pak Guru : wah hebat tuh, dari judul2 postingnya memang saya lihat sangat memancing untuk dibaca lebih dalam... Kalo orang sekilas lihat judulnya saja, pasti langsung 'terbakar' hahaaa..

    BalasHapus
  12. menarik kok.....sapa bilang itu ngga menarik ?? kalo diumpamakan, seperti batu kali di tengah tengah lantai marmer..batu kali memang ngga menarik, tapi dia keliatan mencolok dibanding marmer yang mengelilinginya...

    BalasHapus
  13. + Diah : betul sekali, saya setuju dengan Anda! memang dalam menentukan sebuah tema tulisan terkadang kita harus dapat menentukan secara tepat konsep 'butuh' dan 'menarik' dimata pembaca...

    BalasHapus