15 September 2010

Bantulah Blogger Lain Menemukan Idenya Sendiri

8 komentar :
aLamathuR.com - Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk orang lain adalah bukan dengan membagikan kekayaan yang Anda miliki kepada orang lain, tetapi alangkah lebih baiknya untuk membantu orang lain menemukan kekayaannya sendiri. Inilah pernyataan yang pernah dikemukakan oleh Benjamin Disraeli. Terlepas dari siapakah gerangan orang ini, seorang pakar atau bukan, yang jelas ada pelajaran berharga yang bisa diambil dari apa yang sudah disampaikannya.

Dalam konteks ngeBlog, kata bijak diatas secara sederhana bisa kita adaptasi dan sedikit dimodifikasi menjadi seperti ini: 

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk blogger lain adalah bukan dengan membagikan kreatifitas yang Anda miliki kepada blogger lain, tetapi alangkah lebih baiknya untuk membantu blogger lain menemukan kreatifitasnya sendiri.

atau lebih spesifik, bisa juga menjadi seperti ini:

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk blogger lain adalah bukan dengan membagikan ide menulis yang Anda miliki kepada blogger lain, tetapi alangkah lebih baiknya untuk membantu blogger lain menemukan idenya sendiri dalam menulis.

Jika semua orang sudah menyadari hal ini sekaligus bisa mengaplikasikannya, pasti dalam waktu kedepan tak akan Anda temukan lagi orang-orang yang gemar meneriakkan kampanye anti copas (copy-paste) tulisan lain.

Bukan begitu, begitu bukan ???

8 komentar :

  1. Kalau membaca tulisannya jadi rada bingung uM ...Tapi saya sedikit paham maksudnya.

    Mungkin sebisa mungkin tulisan kita bisa membuka ide kreatife bagi yang membacanya. Betul tidak Um.

    BalasHapus
  2. kalo udah biasa nulis dengan ide pikiran sendiri, jadi gamau copas lagi kan.. :D

    BalasHapus
  3. + ChugyGOGOG : saya akan lebih senang jika Anda bingung dengan apa yang saya tulis diatas, artinya saya berhasil membuat Anda harus benar2 mencerna dan membaca berulang kali maksud yang hendak saya sampaikan... Karena justru dari BINGUNG lah maka kita akan terpacau untuk lebih mencari tahu tentang sesuatu hal..

    BalasHapus
  4. + takuya : bettull.. sekaligus, saya juga salut sama kamu yang terus konsisten dengan gaya menulismu yang tetep unik dan sederhana...

    BalasHapus
  5. kalau saya pribadi sih lebih sering mendapatkan ide saat membaca tulisan hingga runtut ke bawah komentar. karena terkadang tulisan itu memancing seseorang untuk berkomentar yang unik dan menggairahkan...hehe...sehingga secara tidak langsung syaraf-syaraf merespon dengan baik untuk mencatat ide yang ada.

    hehe...saya kira tulisan seperti itu biasanya sangat nudah ditemukan. tapi saya sendiri sulit menciptakan. karena mungkin materi yang ingin saya sajikan berbeda dengan yang dicari pengunjung.

    saya harap sih blog saya bisa juga memberi inisiatif seperti itu. agar tujuan bikin nama blog saya tercapai...hahahag...

    BalasHapus
  6. + Ayub Adiputra : memang setiap orang tentu memiliki caranya sendiri yang dianggapnya paling mudah untuk diikuti.. tetapi terkadang tidak ada salahnya juga untuk sesekali keluar dari pakem yang sudah kita pegang untuk dapat sedikit berimprovisasi melalui trik atau cara2 yang berbeda atau bahkan tidak lazim menurut orang lain...

    BalasHapus
  7. Yap. Benar mas Athur.
    Dari pada memberikan contoh-contoh ide pada seorang blogger, lebih baik kita membenturkan kepalanya ke monitor, sehingga semua ide dan kreativitasnya yang membeku di otaknya selama ini bisa cair dan menyembur keluar. Jadi mereka bisa jalan sendiri dengan kekayaan ide milik mereka sendiri.

    * ChugyGOGOG:

    Kalau masih bingung memahami tulisan ini mas Chugy, cobalah ide saya ini: Benturkan kepalanya ke monitor. Tapi ushakan jangan monitornya yang pecah... hahaha!

    BalasHapus
  8. + Pak Guru Anas : hahaaa.. Anda memang benar2 seorang ekstrimist.. blogger kontroversial sejati! hati2 loh ada pembaca yang benar2 menelan ide ini mentah2.. Anda harus bertanggung jawab... hahaaaa...

    BalasHapus