02 Agustus 2010

Efektifkan Cara Anda Berjabatan Tangan!

8 komentar :
aLamathuRs.com
- Dari jaman dulu sampai sekarang, berjabatan tangan seakan sudah menjadi ritual sederhana yang wajib dilakukan sebagai pembuka setiap kesempatan pertemuan, termasuk dalam dunia usaha. Pertemuan dengan rekan kerja, klien, atau siapapun biasanya diawalin dengan berjabatan tangan. Salah satu maksud dari ritual ini mungkin agar dapat lebih mengakrabkan diantara yang berjabatan tangan tersebut. Dengan demikian, kecanggungan dalam suatu pertemuan setidaknya dapat diminimalisir.
 
 
Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda berjabatan tangan dengan orang lain, apalagi ketika di tempat kerja Anda akan menghadapi klien penting perusahaan. Sikap yang kita tunjukkan ketika berjabatan tangan pasti akan menampilkan sebagian besar kesan seseorang terhadap kita. Mungkin Anda juga pernah merasa jengkel ketika berjabatan tangan dengan orang lain yang memberikan jabatan tangan yang amat lemah lunglai atau terkesan malas berjabatan tangan dengan Anda. Atau Anda juga mungkin lebih jengkel ketika jabatan tangan orang lain dirasakan terlalu keras bersemangat!

Karena itu, agar orang lain menangkap kesan yang baik dari kita sewaktu berjabatan tangan, maka perhatikanlah beberapa hal berikut:

  1. Tataplah mata lawan bicara Anda saat berjabatan tangan dengannya. Tatapan mata dapat menunjukkan rasa hormat dan ketertarikan terhadap sebuah pertemuan. Selain itu, dengan berjabatan tangan sambil menatap mata lawan bicara dapat menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan diri.
  2. Jangan terlalu sok-akrab. Perhatikanlah bahwa kadang-kadang ada orang yang bertindak berlebihan sewaktu berjabatan tangan. Mereka menarik tangan lawan dan secara keras mengayunkan ke atas atau ke bawah. Hindarilah hal ini jika sekiranya dapat membuat orang lain merasa kesal dengan Anda.
  3. Berjabat-tanganlah dari telapak ke telapak tangan. Seseorang akan merasa tidak dihargai ketika jabatan tangannya dibalas dengan 'jabatan jari'. Dengan demikian kesan yang tampak adalah kemalasan dan ketidaknyamanan dalam berjabatan tangan, dan ini mungkin akan menyinggung perasaan lawan bicara. Ingatlah bahwa berjabatan tangan dari telapak ke telapak dapat menciptakan suasana yang lebih bersahabat diantara kedua pihak.
  4. Kondisikan diri Anda dengan siapakah berjabatan tangan. Perlakuan jabat tangan dengan orang tua atau jompo tentu harus dibedakan dengan orang muda yang masih bugar secara fisik. Jabatan tangan yang terlalu kencang dengan orang tua atau jompo mungkin justru dapat menyakitinya. Poin pentingnya, melukai seseorang saat berjabatan tangan mungkin saja bukannya membuka pintu hubungan baik, yang ada malah menutup setiap kesempatan atau peluang yang mungkin akan Anda dapatkan.
  5. Ingatah selalu untuk menciptakan jabat tangan yang lebih bermakna. Jika Anda berjabatan tangan lalu dengan segera menarik tangan Anda dan melanjutkan pembicaraan seolah-oleh tidak terjadi apa-apa, maka orang akan menganggapnya sebagai sebuah jabatan tangan yang tak berarti dan tidak tulus. Biasakanlah untuk mulai memberikan lawan Anda beberapa saat untuk menunjukkan perhatian Anda melalui kontak mata atau pembicaraan sebelum Anda menarik tangan Anda. Kesan yang mungkin bisa dirasakan lawan Anda adalah bahwa dia merasa sedang bertemu dengan orang yang layak.

Dengan beberapa tips tersebut, maka yakinlah bahwa jabatan tangan Anda akan mendatangkan manfaat yang lebih, baik untuk diri Anda sendiri maupun untuk lawan bicara. Dengan kesan baik yang orang lain tangkap dari cara Anda berjabat tangan dengan mereka maka disadari atau tidak, Anda sedang membangun sebuah relasi yang berkualitas, baik untuk relasi bisnis, maupun untuk hal yang sifatnya lebih personal.

8 komentar :

  1. Hmm... mantap mas. Hal-hal sederhana yg sangat besar pengaruhnya. Tp sering dilupakan orang (maksudnya dilupakan oleh Erianto Anas)

    BalasHapus
  2. Tips nya bermanfaat bgt sob,,,, berjabat tangn juga ada etikanya,,,,,

    BalasHapus
  3. sangat berguna sob...thaks infonya

    salam kenal
    abangjo
    http://makalahkitasemua.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. memang berjabat tangan adalah sesuatu yang sangat penting dalam menjalin silaturahim, dengan berjabat tangan kita menunjukkan betapa kita menghargai seseorang dan dengan berjabat tangan pula kita bisa saling memaafkan

    BalasHapus
  5. Berjabat tangan memang terlihat hal yang sepele. Namun mempunyai makna dan kesan yang mendalam. Artikel ini membantu untuk menyempurnakannya...nice post.!

    Salam hangat dari:
    http://belajardesigntshirt.blogspot.com/
    http://artikel-blogue.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. + EriantoAnas: mudah2an setelah diingatkan disini, tidak akan lupa lagi ya mas..
    + Asrizal: berjabat tangan bisa menunjukkan penghargaan terhadap seseorang, saya setuju itu...
    + Iskaruji: tak ada yang sempurna bro, ini hanya masukan kecil saja bagi kita semua...:)

    BalasHapus