30 Agustus 2010

Blogger Mudik : Apakah Tetap Update Posting?

26 komentar :
aLamathuRs.com - Meskipun menuju hari lebaran masih menyisakan sekitar sepuluh hari lagi, sepertinya sebagian masyarakat sudah ada yang bersiap untuk mudik ke kampung halamannya. Tidak terkecuali Anda para blogger tentunya. Dalam pantauan yang saya lakukan di Stasiun Blogosphere kemarin, setidaknya sekitar 650ribu-an rekan blogger telah memesan tiket untuk mudik dengan kereta api pada kepulangan mulai H-6 atau Sabtu, 4 September. Adapun jurusan mudik paling banyak menjadi tujuan adalah daerah Tutnek-Reggolb, Retsam-Reggolb dan Ngitnis-Reggolb.

Dengan banyaknya rekan blogger yang mudik, mungkinkah suasana di kota Blogosphere bakal sepi? mudah-mudahan saja tidak! Bukannya banyak juga blogger yang tidak melakukan mudik? mungkin Anda termasuk salah satunya.

Melalui fenomena unik tahunan ini saya ingin menggali pengalaman rekan blogger sekalian, terutama yang sudah pernah melewatkan masa lebaran sebagai seorang blogger. Mungkin saja Anda sedikit mengamati kecenderungan yang terjadi di tahun-tahun lalu. Bagaimana kondisi blogosphere ketika memasuki masa mudik sampai dengan pasca lebaran, apakah masih tetap ramai update posting atau tidak?

Mungkin Anda bertanya untuk keperluan apakah saya melempar survey ini kepada rekan blogger sekalian. Hal ini tidak lain adalah untuk bahan penelitian tugas akhir kuliah S-1 saya di Universitas Blogernas. Judul yang akan saya ambil adalah "Pengaruh Fenomena Mudik Lebaran Terhadap Update Posting Blogger Indonesia Tahun 2010". Jika tugas akhir saya  ini disetujui dan kemudian lulus, rencananya kemudian saya akan melanjutkan mengambil jenjang S-2 jurusan "sabeb silunem". Hehee..

Jadi sekali lagi, untuk rekan blogger yang punya pengalaman dengan blogging dimasa mudik sampai lebaran tahun-tahun lalu, mohon agar dapat membantu saya dengan membagi pengalaman Anda dalam kolom komentar dibawah ini....

26 komentar :

  1. Hahahaha,,,,sepertinya tahun ini aku akan mengalami lebaran di kampung orang alias gak mudik euy...
    Smoga tetep banyak temen blogger yg updet,,,jadi aku tetep bsa BW...hehehehe

    BalasHapus
  2. aku sih ikut mama mudiknya cuma 2 hari doang, tapi untuk hari-hari sisa Ramadhan menuju lebaran ini, ky nya bakal jarang posting deh.. PR ku numpuukk sebagian besar masih belom dikerjain T_T

    BalasHapus
  3. + riesta : lebaran di kampung orang? pasti itu kampung misua yahh..?? selamat deh.. pulangnya jangan lupa bawa oleh2 postingan yang menarik okeh..??

    + takuya : jarang posting pasti bukan karena PR deh, pasti sibuk ngerjain kucingnya Pak Eko kan? hahahaa.. awas ni bulan puasa lohh..

    BalasHapus
  4. Hmm, mudiknya cm satu propinsi...g jauh amat kok,tp lumayan cpek sih..mg2 ntar ada posting yg wokeh dh.....salam.

    BalasHapus
  5. + tiwi : satu propinsi juga kalo dari ujung ke ujung di papua mah tetep aja jauhh.. hehee.. ok. ditunggu update posting yg wokehnya yahh..

    BalasHapus
  6. aku lebaran on the road. muter-muter aja soalnya pada ga mudik hihihiii :p tapi ga tau deh posting atau ga.

    BalasHapus
  7. + atanotonegoro : waduh, muter2 pusing dunk ta.. posting lahh.. yang topik bisnis kan belum selesai tuh, masih da lanjutannya..

    BalasHapus
  8. Lo mudik harus ga boleh ga karna mau maaf2an supaya fitri kembali tp jangan d ulangi lg yg ga baik2 hehehe

    BalasHapus
  9. Kalau saya tidak mudik Mas .... jadi kayanya masih bisa blogging ria tergantung sikon,

    Selamat malam sukses selalu.

    BalasHapus
  10. hahaha..! Ini toh proposal pnelitiannya. Langsung di ACC.

    Karna saya br blogging 5 bln jd blm punya pengalaman suasana kota blogging di saat lebaran. Tapi mulai saat ini kata2 Lebaran itu sekan sebuah "ancaman" bg saya mas. Krn saya harus puasa blogging ketika hrs berkumpul sama keluarga besar di kampung. Tp "akal bulus" saya akan tetap bekerja mencari-cari celah agar tetap bisa update. Mudah2an berhasil. Doakan ya.

    Oya, mas Athur sendiri mudik juga lebarannya?

    BalasHapus
  11. ane usahakan tetap update,,hehehehe,,,,,:)),,, bangimanpun carnya,,^^,,,dah terlanjur cinta,,hihi ^^

    BalasHapus
  12. + Nyuns : nulis dikit ataupun banyak, bukan masalah, yang penting jangan sampai blognya terlihat mati suri aja hahaa... met mudik lebaran...

    + anisayu : oke.. update blognya gimana?

    + ChugyGÒgÓG : kalo mas tak mudik, berarti mas harus jadi polisi blogosphere selama kami2 ini mudik lebaran.. ahhaa..

    + Pak Guru Anas : emang kampungnya gada sinyal internet ya Pak? tp sy percaya, klo buat Pak Guru akan ada selalu banyak jalan menuju roma.. eh menuju blog! Saya sendiri mudik juga ke tasik, tapi alhamdulillah koneksi internet di kampung saya sudah bagus..

    + Elvindinata : bageuss.. saya dukung semangatnya mas. Pokoknya sekali cinta tetap cinta.. hidup cintaa!!! hahaaa...

    BalasHapus
  13. Wah aku rasa sih begitu Sob... soalmya tahun lalu juga agak sepi waktu musim mudik... tapi klo aku ya tetep blogging org gak ikut mudik.. tapi ya kemungkinan gak Post pas Lebaran hhe......

    Semangat n Happy blogging Sob.. wah klo ini pasti di ACC wwkwkkw

    BalasHapus
  14. + Ferdinand : nah, seperti inilah jawaban yang saya tungu2.. ternyata pas lebaran agak sepi yah? hhmm.. kalo kita jeli, ini bakal jadi peluang tuh.. disaat blogosphere minim update, kita tetep jalan terus.. jadi semua yang lagi bw bs kita pancing buat mampir kesini hiiii..

    BalasHapus
  15. ga tau ya ntar... keep on posting aj mungkin malem takbiran..... :))
    lebaran yang kemaren saya juga belom jadi blogger yang sesungguhnya..... jadi ga tau bedanya sepi atau gak, sama saja..... kayaknya ntar bakalan banyak postingan foto keluarga... LOL selamat mudik buat yang mudik...... saya gak..... udah udik..... :D

    BalasHapus
  16. + febrian : posting malam takbiran? hhmm.. postingan foto keluarga? ide bagus tuh.. siapa tau salah jadi ajang 'promosi' anggota keluarga tuh.. heheee..

    BalasHapus
  17. wehh...saya tidak tahu kalau ada yang beginian...apakah benar-benar akan sepi?
    saya belum berpengalaman juga karena baru blogging 3 bulan...
    kalau saya sih masih ingin blogging tapi sayang di desa tampat saya pulang kampung tidak ada sinyal HP Smart...padahal itulah satu-satunya koneksi saya...
    kalau mau ke warnet juga tidak bisa karena keadaan fisik yang belum memungkinkan mungkin beberapa hari harus offline dulu kali ea...hehe...tapi paling cuma 1 minggu habis itu update lagi dah...tahun ini mudik kemana Pak? semoga lancar...hehe...

    BalasHapus
  18. + Ayub Adiputra : kalo gitu coba aja untuk mengajukan penambahan BTS smart di desa mas ayub. Bilangin aja disana sudah banyak calon blogger yang siap online gitu...masa ga di approve sih? ..saya mudik tahun ini ke Pagerageung/Tasikmalaya dan ke BAndung juga mas.. klo mas Ayub?

    BalasHapus
  19. Saya kemungkinan mudik 2 minggu tahun ini...
    Buat urusan update postingan, saya berusaha membuat postingan terjadwal, jadi walaupun saya gak didepan komputer postingan tetep keluar,hhehe... =]

    BalasHapus
  20. + Ady Inbox : wah, lama juga mudiknya ya mas? tapi idenya dengan cara posting terjadwal oke juga tuh.. minimal aktivitas blogging kita ga akan terlihat sepi.. mungkin ini akan bisa jadi contoh untuk rekan blogger lain yang mengalami mudik lama dan tak ada koneksi internet di kampungnya...

    BalasHapus
  21. wah kayaknya bakalan absen 1 pe 3 hari neh gak update blog,..hehe,..
    tapi pasti di usahakan selalu update kalo ada kesempatan.. :))

    BalasHapus
  22. + Advert : maksudnya 1 pe 3 hari pada waktu lebaran kan, bukan sekarang...? bagus lah klo selalu diusahakan untuk tetap update.. saya dukung 110% kawan..

    BalasHapus
  23. karena aktifitas bLogging saya baru berumur sekitar satu semester, sepertinya kurang Layak nih untuk mengambiL tugas akhir ini. hehehe...
    biarLah beLiau2 aja yg meLakukan anaLisis dan riset, karena masih banyak mata kuLiah saya yg sempat tertinggaL.

    BalasHapus
  24. + om rame : kalo gitu, om masih bisa ngasih masukan untuk blogger mudik tahun ini aja gmn? kan tugas akhir saya juga baru akan saya kumpulkan bulan depan.. jadi,masih sempat laahh hahaa..

    BalasHapus
  25. hakhakhak...
    ide bagus tuh Om, bisa memanfaatkan situasi. waLaupun mereka mudik tapi tetep bisa meLakukan aktifitas ngebLog, Lahan baru buat saya nih. bocoran, juduLnya "bLogger harus pandai memanfaatkan situasi saat mudik Lebaran". trims untuk idenya.
    saya udah Lama nih enggak masuk2 kuLiah, mudah2an enggak di DO. Lg ribet kebanyakan inspirasi yg ngawur tapi kaLo enggak dituangkan sayang, makanya sementara waktu absen kuLiah duLu. nanti kaLo udah agak sante baru kuLiah Lagi, paLing nanti pas noghoL disuruh nyuci mobiL dinas. hehehe...

    BalasHapus
  26. + om rame : khusus buat om, saya yakin dalam situasi apapun, termasuk ketika musim mudik akan tetep rajin posting.. saya berikan garansi untuk pengunjung setianya blog om rame..
    ada sedikit koreksi pada kalimat om diatas --> ..inspirasi yang ngawur? saya koq belum melihat sisi ngawurnya dari tulisan2 om..?? hhmmmm...

    BalasHapus