26 Juli 2010

Kepler Mission Klaim Temukan 700 Planet Baru

4 komentar :

aLamathuR.com - Pada tanggal 25 Juli 2010 kemarin, para Ilmuwan astronomi NASA bersuka cita setelah misi luar angkasanya diklaim telah menemukan lebih dari 700 planet baru yang 140 diantaranya memiliki ukuran yang menyamai planet bumi. Selama 6 (enam) minggu, penelitian ini dipantau menggunakan obeservatorium luar angkasa yang sangat canggih. Proyek yang diberi label 'Kepler Mission' ini menggunakan satelit kecil yang mampu mengobservasi luar angkasa secara lebih detail.

Simitar Sasselov, seorang profesor astronomi dari Harvard University yang juga merupakan salah satu tim dalam misi Kepler ini, mengungkapkan bahwa dengan adanya penemuan ini maka akan banyak misteri kehidupan luar angkasa yang harus terus digali kedepannya. Berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah dilakukan, baik oleh NASA mapun oleh lembaga astronomi lainnya, sebagian ahli masih berkeyakinan bahwa diluar angkasa sana mungkin masih banyak planet yang memiliki karakteristik mirip dengan bumi dan  berpeluang untuk ditinggali mahluk hidup.

Memang keyakinan para ahli ini cukup beralasan. Mengingat begitu banyaknya galaksi yang terdeteksi di alam semesta (katanya..). Dan tahukan Anda, bahwa menurut ahli-ahli astronomi, satu galaksi bisa dihuni oleh 200 hingga 400 juta bintang. Salah satu galaksi yang sudah cukup familiar dengan kita diantaranya adalah Galaksi Andromeda (mirip nama ksatria dalam serial Saint Seiya ya..)


4 komentar :

  1. Ternyata banyak juga ya planet yang belum di ketahui oleh umum...!!! mungkin penelitian itu belum semua di deteksi jumlahnya planet yang ada di atas sana....!!! Memang ciptaan Tuhan slalu jadi misteri...maha besar sang pencipta yang telah menciptakannya.

    Nice posting.

    BalasHapus
  2. + cHugy-g0g0g: setiap misteri ciptaan Tuhan, selayaknya membuat keyakinan kita semakin besar bahwa Tuhan itu memang ada, dan kita syukuri itu selalu...

    BalasHapus
  3. Menakjubkan nih hasil penelitiannya. Ini menyadarkan kita bhw semakin banyak yg kita tahu ternyata semakin banyak yg kita tidak tahu.... Di saat itulah kita sadar, ternyata kita tidak ada apa-apanya. Hanya Tuhan yg Maha Tahu!

    * Membaca tulisan mas, saya serasa membaca sebuah artikel ilmiah mas. Intelek!

    BalasHapus
  4. + E.Anas: kutipan yang menarik mas, "semakin banyak yang kita tahu, semakin banyak yang kita tidak tahu". satuju pisaaannn..

    BalasHapus