22 Juli 2010

Hati-hati, Teman Anda Mungkin Pengidap Histrionic!

7 komentar :

aLamathuR.com - Apakah Anda pernah punya teman atau rekan kerja yang mengalami gangguan kepribadian Histrionic? Histrionic ini didefinisikan sebagai kondisi dimana seseorang sering bertingkahlaku sangat emosional dan cenderung selalu mendramatisir suatu keadaan demi menarik perhatian orang disekitarnya. Penyebabnya gangguan kepribadian semacam ini memang belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa ahli sepakat jika pengalaman pribadi dimasa kecil dan gen memiliki peran tersendiri yang tidak ada hubungannya dengan bentukan pola dasar karakter manusia hasil analisa kepribadian versi Carol S. Pearson (baca: 6 pola dasar karakter manusia).

Menurut hasil riset, Histrionic lebih banyak dialami oleh kaum hawa dibanding dengan kaum adam (tanya kenapa?). Orang dengan kepribadian Histrionic biasanya cenderung terlihat 'lebih cepat dewasa sebelum waktunya'. Tetapi kabar baiknya, orang-orang seperti ini justru akan sangat mudah diterima dalam bersosialisasi dengan teman atau rekan-rekan kerjanya. Jadi, sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan dari kondisi ini, karena penilaian perilaku seseorang dimata orang lain itu rata-rata bersifat sangat subjektif, sehingga jika baik menurut satu orang belum tentu baik juga menurut yang lainnya. Begitu juga sebaliknya.

Orang dengan gangguan kepribadian Histrionic adalah pencari perhatian konstan. Mereka perlu menjadi pusat perhatian setiap waktu, sering mengganggu orang lain untuk mendominasi pembicaraan. Mereka menggunakan bahasa muluk-muluk untuk menggambarkan kejadian sehari-hari dan mencari pujian konstan. Mereka suka berpakaian ”yang memancing” atau melebih-lebihkan kelemahannya untuk mendapatkan perhatian. Mereka juga cenderung membesar-besarkan persahabatan dan hubungan, percaya bahwa setiap orang menyukai mereka. dan yang paling harus diwaspadai : "Mereka sering manipulatif!".

Secara umum, gejala Personality Disorder Histrionic (PDH) dapat dikenali dari kondisi-kondisi berikut:

  • Emosinya dapat berubah-ubah dengan sangat cepat
  • Terlalu mendramatisir sebuah situasi dan kadang terkesan lebay
  • Menjadi sangat mudah untuk dipengaruhi / dibujuk oleh orang lain
  • Kebutuhan yang tinggi untuk selalu menjadi pusat perhatian
  • Kekhawatiran yang terlalu berlebihan terhadap penampilan fisik, misalkan dari cara berpakaian
  • Sensitif terhadap kritik dan ketidaksetujuan dari orang lain atas pendapat atau pendiriannya.

 

7 komentar :

  1. saya juga baru dengan nih sobat.. tapi saya rasa sifat2 seperti itu hampir dimiliki semua orang, tergantung kadarnya berlebihan atau tidak.. kalo nurut agan2?

    BalasHapus
  2. + Ka Damar: Sama-sama...
    + Suranegara: Itulah salah satu gejalanya..
    + Media Pendidikan: Karena itu kenali gejala2nya agar tidak terlanjur kronis :))

    BalasHapus
  3. ooo... baru tau namanya...... nice share gan... ternyata ada namany y kelainan kyk gni...... :))

    BalasHapus
  4. Istilah umumnya, drama queen kali ya? Tapi nama istilah keren juga ya... Nice posting nih.

    BalasHapus
  5. + febrianto: kelainan seperti ini, sebenarnya ada 10 kategori.. mungkin bisa dicari rujukannya pada website lainnya..
    + air: drama queen? wah, saya malah baru denger tuh istilah ini..

    BalasHapus
  6. thanks gan..
    usefuLL...

    BalasHapus
  7. Lalu bagaimana cara mengatasi(mengobati)pada gangguan tersebut.
    Terima kasih.

    BalasHapus