23 Maret 2010

Deteksi Dini Resiko Alzheimer dengan CST!

3 komentar :
aLamathuR.com - Masih ingatkah dengan bahasan kopi dapat membantu mengurangi resiko Alzheimer (pikun)? Ternyata selain kopi sebagai alternatif yang bersifat terapis, saat ini telah dikembangkan suatu penelitian untuk menemukan sebuah alat pengujian untuk dapat mendeteksi resiko penyakit Alzheimer secara lebih dini. Alat pengujian tersebut diberi label CST (Computerized Self Test), dikembangkan oleh Rex Cannon dan Dr. John Dougherty dari University of Tennessee dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Secara sederhananya, alat pengujian yang disajikan online ini bekerja untuk secara interaktif untuk menguji dan menilai berbagai kerusakan dalam fungsi kognitif manusia. Alat ini juga berfungsi semacam "fitness test" bagi sejumlah fungsi dasar dalam berpikir dan memproses informasi pada otak manusia.

Dalam pengujiannya, alat test ini mampu memprediksi hasil yang cukup akurat dan lebih efektif daripada alat pengujian yang sudah lebih dulu ada. Si empunya mengklaim bahwa akurasi data yang ditunjukkan dari hasil pengujian dengan alat CST ini adalah sebesar 96 persen, atau jauh lebih tinggi dari alat test konvensional yang rata-rata menunjukkan akurasi hasil pengujian antara 69 s/d 71 persen.

Dengan sistem komputerisasi yang digunakannya, diharapkan alat test ini menjadi lebih menarik bagi siapa saja yang menggunakannya. Bagaimana dengan Anda, sudah siapkah mencobanya?

3 komentar :

  1. semoga saja alat tersebut dapat segera dipergunakan ...

    BalasHapus
  2. alat ini hanya menguji ataukah juga memberi solusi/saran pada penderita?

    klo setahu saya sekarang ini sudah banyak situs2 yang memberikan diagnosa2 seperti itu....

    BalasHapus