08 Maret 2010

10 Hal Tepenting Dalam Mengorganisasi Diri dan Pekerjaan

7 komentar :
aLamathuR.com - Disadari ataupun tidak, setiap hari, setiap jam, setiap menit dan setiap detik, orang-orang di sekeliling Anda bekerja untuk tujuan yang berbeda-beda, tentunya dengan cara-cara yang berbeda pula. Tetapi hanya sedikit dari mereka yang benar-benar memahami cara untuk mendapatkan hasil terbaik dari apa yang mereka kerjakan. Faktor yang berpengaruh tentunya bisa dari aspek karakter pribadi, skill, kompetensi, manajemen pengelolaan pekerjaan sehari-hari dan sebagainya.

Dalam uraian ini, akan dibahas mengenai 10 Hal Tepenting Dalam Mengorganisasi Diri & Pekerjaan Anda. Berikut kita coba uraikan satu persatu dari aspek yang dimaksud dalam beberapa poin penting sbb:

  1. Bekerjalah lebih cerdas, bukan lebih keras. Bekerja keras untuk sesuatu yang kurang efisien tidak akan menghasilkan output yang optimal. Rancanglah langlah-langkah yang lebih simple dalam mengerjakan tugas sehari-hari, kombinasikan melalui cara yang lebih simple dan dapatkanlah hal lebih dari pekerjaan Anda dengan langkah yang lebih mudah.
  2. Tanyakanlah sesering mungkin kepada diri Anda, pertanyaan paling utama dalam Pengelolaan Waktu yaitu : "Apa hal terbaik yang dapat ada gunakan untuk waktu yang Anda miliki sekarang?
  3. Tuliskanlah tujuan yang hendak Anda capai 2 (dua) kali sehari, maka Anda akan lebih fokus dalam menyelesaikan sesuatu hal yang sangat penting.
  4. Kerjakan semuanya secara lebih cepat! melangkah lebih cepat, menulis lebih cepat dan mencari informasi yang dapat meningkatkan kompetensi Anda secara lebih cepat.
  5. Menurut Prinsip Pareto, 80% dari keberhasilan Anda datang dari 20% yang Anda lakukan saat ini. Jika ingin lebih efisien, gambarkanlah dari 20% tersebut untuk hal-hal yang paling penting berdasarkan skala prioritas dan gunakanlah waktu Anda berdasarkan rencana master yang telah Anda susun.
  6. Kerahkanlah seluruh energi Anda ketika mencapai peak performance (kondisi puncak). dan ciptakan hal-hal kreatif ketika dalam kondisi ini.
  7. Hindari penundaan!. Lakukan seluruh tugas Anda dengan segera demi meraih hasil kerja yang lebih berkualitas. Hal ini juga bermanfaat salah satunya untuk mengurangi tekanan deadline dari suatu perkerjaan.
  8. Berikanlah penghargaan khusus kepada diri Anda untuk sesuatu pekerjaan yang telah diselesaikan tepat waktu, atau bahkan lebih cepat dari yang sudah ditargetkan.
  9. Jon Rim says :“Learn how to separate the majors from the minors. A lot of people don’t do well simply because they major in minor things.”
  10. Terakhir, anggaplah semua tugas adalah menyenangkan sehingga Anda akan ikhlas dalam mengerjakannya.

The Conclusion : You can never get much of anything done unless you go ahead and do it before you are ready....

7 komentar :

  1. info yang mantap untuk dijalankan kawan

    BalasHapus
  2. thx buat infonya sob, coba belajar dr sekarang nih sarannya yg ada di atas.

    BalasHapus
  3. Terimakasih sudah mampir.Salam Kenal
    Link Sobat sudah mantap terpasang

    Ray

    BalasHapus
  4. manajemen diri memang penting..

    BalasHapus
  5. informasinya mantap banget buat kita yang kurang bisa menghargai waktu

    BalasHapus
  6. hahahahah setuju ma yg no 1 tuh :P

    BalasHapus
  7. wah .. nice info sob :D
    terimakasi masukannya ..

    BalasHapus