23 Februari 2010

Fakta Tentang Fluoride, Benarkah "Masih" Berbahaya?

43 komentar :
aLamathuRs.com - Pernahkah anda membaca atau mendengar tentang bahaya Fluoride, zat yang salah satunya disertakan dalam pasta gigi? Jika jawaban Anda ya, apakah reaksi yang anda lakukan kemudian? Apakah sekedar kaget dan berkata "OOohhh..", atau menjadi tertarik untuk mencari tahu lebih dalam lagi, ataukah sampai sanggup meninggalkan kebiasaan anda saat ini dalam menggunakan pasta gigi berfluoride?

Beberapa penelitian terkait penggunaan bahan fluoride memang menghadirkan kesimpulan yang cukup mencengangkan. Tetapi apakah penelitian hasil penelitian ini berlaku universal? artinya, dengan kadar fluoride yang dikandung kebanyakan pasta gigi yang ada di pasaran saat ini apakah sudah cukup menjadi alasan untuk meninggalkan kebiasaan menggosok gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride?

Berikut kilasan dari beberapa hasil penelitian dimaksud:

  • Fluoride meningkatkan resiko Osteoporosis (keropos tulang), kerangka tulang tidak beraturan, dan Arthritis (Asam Urat). Para ilmuwan EPA Washington mengumumkan bahwa meningkatnya jumlah orang yg memiliki gejala ‘carpal-tunnel’ dan sakit asam urat diakibatkan oleh proses fluoridasi dalam air minum. Dan di India Tengah, pencemaran fluoride pada air akibat sebuah penggalian yg tidak melalui pengujian, menyebabkan PENDERITAAN ASAM URAT YANG SERIUS PADA JUTAAN ORANG!!! Yang merupakan BENCANA NASIONAL. (Manchester Guardian 9 July 1998). Pelayanan Kesehatan Masyarakat AS telah menyatakan bahwa fluoride membuat TULANG LEBIH RAPUH dan EMAIL GIGI LEBIH MUDAH MENYERAPNYA (kandungan fluoride dlm pasta gigi)
  • Fluoride memicu Kerusakan Otak. Fluoride menurunkan kapasitas kecerdasan manusia, terutama Anak-anak. Tingkat kecerdasan anak-anak yg menggunakan fluoride SECARA SIGNIFIKAN lebih rendah dari anak2 yg tidak diberikan fluoride. (Li, X.S., Zhi, J.L., Gao, R. O., ‘Efek pemberian Fluoride Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak-anak,’ Fluoride; 28:182-189, 1995). Percobaan Dr. Phyllis Mullinex terhadap tikus menunjukkan efek keracunan syaraf yg bervariasi pada setiap tahap kedewasaan, baik hewan dewasa, hewan anak-anak, atau melalui placenta ketika bayi masih didaalam perut. Sampel yg mendapatkan fluoride sebelum lahir akan terlahir sebagai anak hiperaktif DAN AKAN TETAP SEPERTI ITU SEPANJANG HIDUPNYA. Mereka yg diberi fluoride ketika berusia muda menunjukkan aktivitas yang DEPRESIF. Tahun 1998 Guan et al. memberi dosis yg sama dengan yg digunakkan Mullenix dan menemukan pada percobaannya bahwa beberapa zat kimia kunci dalam otak, ZAT YG MEMBENTUK SELAPUT SEL OTAK, pada tikus yg diberi Fluoride tidak terlihat/ KOSONG.
  • Fluoride menyebabkan kemandulan. Ilmuwan Administrasi Makanan dan Obat (FDA) melaporkan korelasi yg erat antara menurunnya tingkat kesuburan perempuan kelompok usia 10-49 dg meningkatnya penggunaan fluoride.
  • Penelitian baru2 ini di Jurnal Penelitian Otak mendapati 1 ppm fluoride dalam air akan meningkatkan kandungan alumunium dalam otak tikus percobaan dan memproduksi sejenis zat yg merusak otak (amyloid deposits) berhubungan dengan penyakit Alzheimers dan jenis2 lain dari kegilaan.
  • Dr. Phyllis Mullenix dari Institut Penelitian Forsyth Universitas Harvard (Institut penelitian gigi) menerbitkan sebuah penelitian yg menunjukkan bhw FLUORIDE LEBIH EFEKTIF DARI PADA TIMAH DLM MENURUNKAN TINGKAT IQ pada anak-anak. (situs naturalrearing.com)
  • Penggunaan Fluoride selama masa kehamilan hingga setahun meningkatkan 1% KETIDAKMAMPUAN BELAJAR pada anak-anak. (Penelitian Universitas Florida Selatan)
  • Fluoride menyebabkan keretakkan pada tulang pinggul. Air minum yg mengandung Fluoride akan menyebabkan KERETAKKAN TULANG PINGGUL 2 KALI LIPAT (200%!!!) dari jumlah keretakkan tulang alami, baik pada laki2 maupun perempuan. Bahkan tingkat yg sangat kecil dari Fluoride sejumlah 0.1 ppm pun tetap saja menunjukkan kenaikan angka statistik keretakkan tulang pinggul yg signifikan (Bordeaux Penelitian JAMA 1994)
  • Flouride memiliki pengaruh negatif pada sistem syaraf dan sistem kekebalan tubuh, dan pada anak-anak dapat mengarah pada kelelahan kronis, IQ yg rendah, tidak mampu belajar, kelesuan dan depresi (Situs bruha.com/fluoride/)
  • Penelitian kanker oleh Program Toxicology Nasional melaporkan sampel yg diberi fluoride memiliki TUMOR THYROID, TUMOR RONGGA MULUT, DAN TUMOR HATI YANG SEBENARNYA JARANG TERJADI.

Setelah memperhatikan kesimpulan dari penelitian-penelitian tersebut, apakah anda masih bertahan dengan persepsi sebagian besar orang bahwa Fluoride dalam kadar tertentu tidak akan mendatangkan masalah? Semuanya kembali kepada keputusan diri Anda sendiri untuk menerima atau menentang hasil penelitian tersebut. Yang jelas, saya hanya mengabarkannya kepada Anda...

43 komentar :

  1. salam sahabat
    ouw ternyata gitu ya flouride di konsumsi sebagaimana mestinya ga papa lah kak....thnxs this info good luck

    BalasHapus
  2. klo sesua anjuran aj g akan merusak kan??masa tiap pagi dan malam 'merusak otak' dsabgainya..

    BalasHapus
  3. baru tahu sob tentang flouride di dalam pasta gigi yang ternyta ada dampak negatifnya..thank buat infonya kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mulai hidup sehat mulai dari hal terkecil,, ganti pasta gigi Anda dengan pasta gigi aman tanpa bahan kimia berbahaya.

      Kami menjual pasta gigi yang SAH (Sehat Aman Halal)

      http://hpaiherba.com/jual-pasta-gigi-herbal-hpai-sehat-aman-halal-tanpa-fluoride/

      info :
      WA 0817263020

      Hapus
  4. Owh begitu Sob...baru tau Flouride bahaya Juga.....ya aku sih te2p lah asal ga kebanyakan hhe....kan ga asik juga klo ga sikat gigi hhe....Thnx Info'y Sob...

    BalasHapus
  5. wow ternyata berbahaya ya, wah hrs dikurangi donk. thx infonya

    BalasHapus
  6. syukron, solusi yg q th..... ada pasta gigi herbal.... memakai daun sidr (bidara)....bs ditemukan di apotik yang jual obat-obat herbal

    BalasHapus
  7. Makisih informasinya...,

    Kita jangan mengurangi dung penggunaan pasta gigi ber-FLUORIDE, tapi cari alternatif lain.
    sekarang dah banyakkan pastagigi tidak ber-FLUORIDE.

    BalasHapus
  8. yah saya rasa hanya masalah kadar/banyak fluoride yg terkandung. dan mungkin sekarang kadar fluoride pada pasta2 gigi sudah pas. jadi tetaplah menyikat gigi

    BalasHapus
  9. menurut saya kadar fluoride di pada pasta gigi di indonesia masih terlalu banyak.

    BalasHapus
  10. pakai saja pasta gigi yang ga pake fluoride..
    so kudu lebih teliti waktu membelinya..liat dong komposisinya.. semua itu pilihan...
    mau hidup sehat juga pilihan

    BalasHapus
  11. kalo betah di tipu ya pake lahhh...
    tooh... pilihan selain odol berfloride sudah banyak..
    itu pilihan orang yg pikiran mentok dgn yang pikiran merdeka...

    BalasHapus
  12. tks ya infonya. makin memantapkan keyakinan saya bahwa di balik sunnah rasulullah ada kejayaan. satu per satu terkuak. jadi saya pake kayu miswak aja sekarang, lebih bersih dan lebih aman. dapat pahala menghidupkan sunnah lagi.

    BalasHapus
  13. info tentang dampak negatif flouride pertama kali saya baca tahun 2004. saya sempat berburuk sangka pada perusahaan yg mengeluarkan produk pasta gigi berflouride. saya ganti pasta gigi produk dalam negeri dari Orang Tua atau Wings yg iklannya tdk mengobral ttg flouride. setelah tahu berita ini, saya rasa kita perlu berhati-hati.

    BalasHapus
  14. flouride bahaya juga ya, musti menjaga kesehatan kita dari zat tsb nih.

    BalasHapus
  15. ada yang tahu pasta gigi yang tidak mengandung flouride?

    BalasHapus
  16. I like it' wihhh seremm bgt bc ttg flouride, trnyt bhya bgt, wahh kudu d kurangi nie penggunaanx.. thank's ya.. ats infox.. bermanfaat bgt bwt Q.

    BalasHapus
  17. Berikut tulisan Pak Dhani di
    http://astaqauliyah.com/2005/04/pro-dan-kontra-penggunaan-fluoride-pada-pasta-gigi/

    Assalamualaikum Wr wb…nama saya dhanni, saya seorang dokter gigi yang sedang postgraduate course WHO di Eropa, saya sempat trenyuh juga ternyata banyak orang indo yg mudah percaya bahaya flouride.Tidak seperti yang disebutkan dalam situs floridedebate.com, ternyata tidak ada bukti negara-negara melarang flouride. Semua yang berlebihan pasti bahaya, flouride sendiri adalah zat mineral yang terkandung dalam tubuh kita. Flouride pada pasta gigi di negara berkembang seperti indo ternyata kadarnya sangat rendah, sehingga tidak bermanfaat bagi gigi, karena harga flouride mahal. Issue flouride bahaya sengaja dihembuskan oleh industri pasta gigi, apabila pasta gigi di buat tanpa flouride maka ongkos pembuatannya akan sangat murah dan mereka dapat mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya.

    BalasHapus
  18. Makasih atas infonya..
    tapi yg jadi masalah, pasta gigi yg tidak mengandung floride sangat jarang ditemukan....
    walaupun ad, harganya pasti jauh lebih mahal dari pasta gigi yg ber'floride...
    bagaimna cara mengtasinya ???

    BalasHapus
  19. http://www.sentragading.com/forum/showthread.php?tid=383 wahh berarti minum air zamzam bahaya buat kesehatan...wong flouride yg tidak masuk perut aja bahaya apalagi air yg diminum dan masuk perut :)

    BalasHapus
  20. Jangan salah bro..zamzam adalah air terbaik di dunia ini...liat situs http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Airzamzam/airzamzam.htm

    BalasHapus
  21. Pake siwak aja http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3355168

    BalasHapus
  22. zamzamm flouridenya tinggi lohh hihihihihih

    BalasHapus
  23. http://www.sentragading.com/forum/showthread.php?tid=383 <<< di sini disebutkan kadar flouride zamzam itu tinggi....jadi yang benar gimana donk?? jangan membuat umat bingung...

    BalasHapus
  24. lebih jauh lagi, masalah flouride ini terkait erat dengan konspirasi, yaitu usaha pengurangan populasi manusia di dunia. percaya atau tidak, silahkan search tentang konspirasi flouride dengan agenda New World Order. .

    BalasHapus
  25. sy skrng mengganti pasta gigi sy dgn pasta gigi yang mengandung daun sirih..itu dari sinsei tempat sy berobat..sptnya pengaruh tdk dpt keturunan smpi skrng, salah satunya krn slama ini sy menggunakan pasta gigi mengandung flouride.

    BalasHapus
  26. sy skrng mengganti pasta gigi sy dgn pasta gigi yang mengandung daun sirih..itu dari sinsei tempat sy berobat..sptnya pengaruh tdk dpt keturunan smpi skrng, salah satunya krn slama ini sy menggunakan pasta gigi mengandung flouride.

    BalasHapus
  27. sy skrng mengganti pasta gigi sy dgn pasta gigi yang mengandung daun sirih..itu dari sinsei tempat sy berobat..sptnya pengaruh tdk dpt keturunan smpi skrng, salah satunya krn slama ini sy menggunakan pasta gigi mengandung flouride.

    BalasHapus
  28. jangan tolol...fluoride itu tidak berhubungan dengan kebiasaan membersihkan gigi, apakah tanpa fluoride kita ga bisa menyikat gigi? selama sikat giginya masih ada brarti masih bisa sikat gigi ato cari aja pasta gigi tanpa fluoride ...

    BalasHapus
  29. pd point ke 1 di kalimat terkhir: EMAIL GIGI LEBIH MUDAH MENYERAPNYA (kandungan fluoride dlm pasta gigi)
    trus apa dampak pada gigi ?

    BalasHapus
  30. assalamualaikum ..
    maaf saya bukan mau sok kenal dan sok tahu tapi saya sudah tahu ini dari video .. bukan hanya fluoride tetapi pemanis berkalori rendah aspartam juga terbuat dari racun yang merusak otak ..

    coba kalian buka di youtube dengan search "misteri setan"
    saya hanya memberi tahu kalian berapa kejamnya amerika tetapi dialah yang seolah olah menjadi teman kita ..

    BalasHapus
  31. Penyakit itu hasil akumulasi kebiasaan makan. G ada penyakit langsung ada atau kerasa kecuali klo racun mematikan.

    BalasHapus
  32. dampak flouride adalah mengeraskan email gigi, artinya dampaknya bagus buat gigi tapi tidak buat tubuh.... cmiiw

    BalasHapus
  33. Sebaiknya bijak tuk gunakan pasta gigi non fluoride, suerr sekarang sdh ada kok dipasaran..
    Infonya, di eropa sana, tepatnya swedia, sdh melarang penggunaan fluoride meski dlm batas minim..
    Gue juga pernah diskusi dg seorang dosen jurusan kinia dari unhas makassar, die bilang bhw fluoride adalah salah satu bahan perusak nomer wahid bro..
    So, jadilah orang yg peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang orang yg kita cintai..

    BalasHapus
  34. udah, jangan pusing-pusing. kembali aja ke cara tradisional. gosok gigi dengan menggunakan arang dan sikat gigi lalang yang dihaluskan. aman kaaan?

    BalasHapus
  35. Konsfirasi setan
    Kaki tanganya pemerintah kita sendiri dan beberapa komentator disini...Awas !

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah sudah beralih ke pasta gigi herbal yang tidak berflouride.

    BalasHapus
  37. alkhamdulillah sdh lama saya memakai miswak / siwak

    ijin copas gan
    ane pasang di http://www.1-bulankurus.com/2013/03/fakta-tentang-fluoride-benarkah-masih.html

    BalasHapus
  38. izin kopi ke fb ya, thank's

    BalasHapus
  39. kalo saya, malam pakek pasta gigi non-flouride, kalo pagi pake pasta gigi berflouride.

    BalasHapus
  40. kalo saya, malam pakek pasta gigi non-flouride, kalo pagi pake pasta gigi berflouride.

    BalasHapus