29 Januari 2010

Membedah Otak Sang Psikopat

14 komentar :
aLamathuR.com - Jika anda penggemar serial Dexter, mungkin tidak asing lagi dengan istilah psikopat. Dexter, tokoh utama dalam serial tersebut memang digambarkan sebagai pembunuh berdarah dingin. Pengalaman buruk yang dialaminya saat dia masih kecil membuatnya mengalami trauma akut, dan akhirnya dia menjadi seorang psikopat yang membunuh dan membuang semua korbannya di suatu dermaga tak jauh dari tempat tinggalnya.

Jika kita merujuk kepada sejumlah referensi diantaranya The British Journal of Psychiatry, Sejumlah ilmuwan memperkirakan, secara biologis kondisi otak psikopat berbeda dengan orang sehat. Ini yang membuat mereka berhati dingin, tanpa empati dan tanpa rasa sesal. Ada beberapa petunjuk yang digunakan, diantaranya:

  1. Di dalam otak ditemukan zat kimia, serotonin dan monoamin oksidase, yang tidak normal. Ini yang meyebabkan perilaku agresif mereka meningkat.
  2. Aktivitas otak psikopat di bagian prefrontal cortex lebih rendah dibanding orang normal.
  3. Area di otak manusia yang menjadi pusat emosi adalah sirkuit sistem limbik yang meliputi thalamus, hypothalamus, amygdala dan hippocampus.
  4. Pada orang normal, saat memproses kosakata emosional (seperti "mati" dan "bunuh"), akan terlihat aktivitas yang meningkat di area limbik pada otak. Namun pada para psikopat, hanya sedikit bahkan tidak ada sama sekali peningkatan aktivitas pada area yang sama.
  5. Ada kelainan pada corpus callosum, bagian tebal melengkung yang menghubungkan belahan kiri dan kanan di bagian tengah otak.
  6. Pada orang nonpsikopat terlihat banyak sekali aktivitas di amygdala saat melihat gambar-gambar yang tidak menyenangkan. Pada psikopat, tidak ada perbedaan sama sekali.

Di Indonesia sendiri, jika anda termasuk salah satu pemerhati berita kriminal di televisi nasional atau surat kabar mungkin pernah mendengar salah satu dari nama berikut: Dukun AS, Robot Gedek, Ryan, Baekuni. Dan bukan tidak mungkin jika suatu saat pengalaman para psikopat from Indonesia ini akan diangkat ke layar lebar menjadi sebuah film. Kita tunggu saja...


Jika anda merasa informasi ini bermanfaat untuk anda, silahkan untuk memvoting artikel ini dengan mengklik icon Lintasberita.com pada bagian akhir artikel ini.

22 Januari 2010

10 Indikator Kelayakan Menjadi Seorang Manager

3 komentar :
aLamathuR.com - Melanjutkan artikel sebelumnya dengan judul "pemimpin itu" yang pernah diposting di blog ini beberapa bulan lalu, kali ini kita akan bahas hal lebih spesifik dari kelompok "para pemimpin" yang dimaksud. Menjadi seorang Manager, sebagian besar orang mungkin hanya memimpikannya, sedangkan sebagian kecil lainnya tidak sekedar memimpikannya, tetapi berusaha untuk mewujudkannya! Jika anda termasuk sebagian kecil yang dimaksud, berbahagialah karena jalan menuju kesana terbuka lebar jika anda menguasai trik-triknya dengan benar.

Orang-orang sukses telah menginspirasikan kita untuk mengenali apa yang telah membuat mereka besar, terkenal dan dihormati. Mulai saat ini, yakinkanlah dan latihkan diri anda untuk :


  1. Mampu menginspirasi orang-orang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan.
  2. Selalu mempunyai kecenderungan dalam memanfaatkan waktu secara bijak dan tidak menunda-nunda.
  3. Mengetahui kapan harus memiliki cukup informasi untuk membuat suatu keputusan.
  4. Mampu merencanakan dan menyusun program untuk sebuah organisasi atau komunitas.
  5. Tidak segan untuk mengambil tanggung jawab ketika suatu hal berjalan tidak sesuai dengan yang telah direncanakan atau diharapkan.
  6. Mampu menganalisa apa yang bisa membuat seseorang termotivasi.
  7. Dipercaya orang lain untuk dapat berbicara atas nama kepentingan bersama dan mewakili mereka secara adil dan wajar.
  8. Memiliki sifat mudah untuk membujuk dan meyakinkan orang lain.
  9. Mempunyai kecakapan dalam mengindentifikasi skil yang orang lain miliki. 
  10. Pada saat diperlukan, anda harus sanggup untuk mendelegasikan wewenang kepada orang yang dipercaya, daripada mencoba untuk melakukan semuanya sendirian...

Dan satu hal terakhir yang tidak kalah pentingnya : Jika anda merasa informasi ini bermanfaat untuk anda, silahkan untuk memvoting artikel ini dengan mengklik icon Lintasberita.com pada bagian akhir artikel ini...

21 Januari 2010

It's Time To Relax, Let's Started A Joke

2 komentar :
aLamathuR.com - Media cetak dan elektronik Indonesia akhir-akhir ini selalu didominasi berita politik, kekerasan, bencana dll. Kalau itu membuat anda gerah, miris dan malah mungkin jadi stress, kenapa ngga maen tebak-tebakan aja yuk? Jika anda pernah membaca ini sebelumnya, beritahu saya, tapi jika anda baru kali ini membacanya, beritahu teman anda... hehehee...

  • Bagaimana suara kucing kalo jalannya mundur? ...gnooooem ...
  • Putih, kecil, tapi kalo dipukul ngebangunin orang sekampung?...Nasi nempel di bedug
  • Orang apa kalau dipukul gak sakit-sakit?... Orang gak kena, yeeeeeeeeee!
  • Kenapa meja bagian bawahnya selalu kasar, tidak sehalus bagian atasnya?...Karena bagian bawah meja banyak upil yang udah kering.
  • Mengapa dalang membawa keris ketika pertunjukan wayang?... Sebab kalau bawa kompor, istrinya gak masak..
  • Kenapa Superman nggak kawin ama wonderwoman?... Ya, nggak jodoh.
  • Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalo rambut hijau namanya apa? ... Rambutan belum mateng.
  • Kenapa anjing laut berkumis? ...karena mo nakutin kucing laut
  • Kenapa superman bisa terbang?... Kalau bisa nyopir namanya bukan superman, tapi sopir..man..!!
  • Dikocok, tegang. Pas keluar jerit senang..Hayo apaan?... Ibu-ibu undian arisan.
  • Ikan apa yang palanya paling gede ??? ...... Ikan teri pake Helm
  • Ikan Apa yang palanya paling banyak ??? .... Ikan Teri sekilo
  • Ikan apa yg gak bisa maju & gak bisa mundur ???? .... Ikan Kejepit

Ada yang mau nambahin lagi ??? Yang bisa ngasih tebak-tebakan paling oke, aneh, lucu 'n gokil abiss bakal dapet award dari Administrator aLamathuR.com ...

Jika anda merasa informasi ini bermanfaat untuk anda, silahkan untuk memvoting artikel ini dengan mengklik icon Lintasberita.com pada bagian akhir artikel ini...

14 Januari 2010

Bereksplorasi dengan Komposisi Objek Fotografi

7 komentar :
aLamathuR.com - Info untuk para fotografer pemula, pernahkan suatu ketika anda merasa kurang "sreg" dengan hasil jepretan sendiri, walaupun merasa sudah jungkir balik untuk mengambil gambar berbagai sudut obyek foto? Mungkin anda akan bertanya apakah ada yang keliru dalam teknik fotografi yang dikuasai, atau mungkin ada hal lain yang anda lupakan...

Oke, setelah Anda mempelajari segala persiapan yang dibutuhkan (baca: "Fotografi itu Menyenangkan"), pada bagian lanjutan ini kita akan membahas salah satu aspek yang cukup penting untuk mendapatkan hasil foto berkualitas, yaitu mengenal komposisi. Dalam dunia fotografi Komposisi bisa diartikan sebagai cara meletakkan objek pada bidang gambar. Dengan begitu gambar akan kelihatan enak dipandang. Tentu saja, untuk menghasilkan gambar demikian, perlu ada acuan.

Namun semuanya berpulang kepada pemotret. Bagaimana si pemotret memanfaatkan rasa seni sehingga penempatan gambar sesuai dengan komposisi. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi acuan. Antara lain:

Center of Interest
Sebelum memotret tentukan dulu obyek yang menjadi pusat perhatian. Obyek yang lain boleh saja dikesampingkan. Sebaiknya pusat perhatian menghadap ke pusat gambar. Misalnya kamu ingin memotret awan di laut. Maka bagian yang menonjol adalah awan, bukan pantai.

Latar Belakang
Sebaiknya menghindari latar belakang yang justru mengganggu obyek. Latar belakang yang rame misalnya, bisa saja justru menjadi pusat perhatian. Memotret orang misalnya, jika perlu menggunakan latar belakang polos. Dinding yang bercoret berangkali lebih menarik dibanding orang yang kita potret.

Bingkai Gambar
Bingkai yang dimaksud bukan seperti bingkai pada umumnya. Juga tidak harus mengelilingi ruangan. Tapi cukup dengan memanfaatkan obyek yang tersedia. Misalkan pohon pohon disisi kiri. Tujuannya untuk memberikankesan ruang.

Waktu yang Tepat
Umumnya foto yang diambil pada pagi atau sore menghasilkan gambar yang baik. Gambar yang diambil pada pagi hari akan memperlihatkan berkas cahaya dan memberikan kesan kesegaran. Pada obyek tertentu, kadang malah membutuhkan waktu tertentu untuk diambil. BUnga misalnya, yang akan kelihatan segar difoto pada pagi hari ketimbang sore.

Ruang Gerak
Pengambilan gambar pada obyek yang sedang bergerak seperti orang berlari, naik sepeda, , perlu memperhatikan ruang gerak obyek tersebut. Obyek yang diambil tidak dalam posisi "Center Frame" dapat menghasilkan gambar yang lebih indah dan hidup serta dapat menunjukkan arah pergerakan obyek tersebut.

Maka setelah membaca artikel ini, sudah siapkan anda untuk berekplorasi lebih jauh lagi dengan skill fotografi anda?

11 Januari 2010

Terapi Warna, Mengoptimalkan Fisik, Emosi dan Mental

12 komentar :
aLamathuR.com - Sadarkan anda jika warna ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kondisi fisik, emosi, dan mental seseorang? Meski tak langsung manjur seperti halnya minum obat, terapi warna memberi efek perubahan secara psikologis. Hal ini juga pernah dibahas dalam buku Colour Therapy karya Vijaya Kumar. Dalam kajian bukunya tersebut dia memaparkan tujuh cakra dalam tubuh manusia yang mudah terpengaruh oleh warna. Berikut ini penjelasannya...

  • WARNA MERAH, berhubungan dengan cakra dasar, mempengaruhi vitalitas, seksualitas dan kesadaran. Diantaranya dapat meningkatkan energi.
  • WARNA ORANGE, berhubungan dengan cakra limpa yang mengatur sirkulasi dan metabolisme. Berhubungan dengan kegembiraan dan keceriaan.
  • WARNA KUNING, berhubungan dengan cakra solar plexus, mempengaruhi intelektual dan pengambilan keputusan. Membantu menstimulasi konsentrasi.
  • WARNA HIJAU, berhubungan dengan cakra jantung. Merupakan warna penyembuh karena mampu menyeimbangkan dan menstabilkan energi tubuh.
  • WARNA BIRU, berhubungan dengan cakra tenggorokan. Sangat menenangkan dan sangat baik untuk mengatasi insomnia.
  • WARNA UNGU, merupakan cakra mahkota. Berhubungan dengan energi dan fungsi tertinggu pikiran. Membantu meningkatkan rasa percaya diri.
  • WARNA HITAM, sering dipakai untuk menekan nafsu makan. Bagi yang ingin mengurangi berat badan, gunakan taplak berwarna hitam sebagai alas meja makan.

Jadi, apakah warna yang menjadi favorit anda saat ini sudah dapat membantu anda membuat perubahan positif dalam diri anda?

05 Januari 2010

Waktu Bercinta Favorit, Cermin Pribadi Anda ?

11 komentar :
aLamathuR.com - Tahukan anda jika ternyata waktu favorit untuk melakukan hubungan intim dapat menunjukkan bagaimana kepribadian anda? Setidaknya itulah yang dikemukakan oleh William Rose, Ph.D., seksolog sekaligus penulis buku Relationship Styles & Patterns.

03 Januari 2010

Platillo De Mandonguilles De Lluc

1 komentar :
aLamathuR.com - Inilah resep pertama yang akan disajikan dalam postingan kuliner kali ini. Resep ini berasal dari daerah Spanyol, tepatnya dari Catalunya (Catalonia). PLATILLO DE MANDONGUILLES DE LLUC (Bakso Ikan Saos Tomat).

Menu disajikan untuk 6 porsi (cukup untuk ayah, ibu, kakek, nenek, anda dan pacar anda). Mudah-mudahan anda bisa segera mempraktekkannya dirumah.


BAHAN :

 
Bakso ikan :
1 kg ikan kerapu, kukus, ambil dagingnya
2 btr telur ayam
1 sdm peterseli cincang
1/2 sdt kulit kayu manis bubuk
50 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1/4 sendok merica bubuk
3 sdm minyak zaitun

Sofregit :
2 sdm minyak zaitun
150 gr bwg bombay, cincang
3 siung bwg putih, cincang
3 bh tomat merah, buang bijinya, cincang
1 tangkai peterseli, cincang halus
100 gr kacang polong beku
1 lt kaldu ikan
2 sdm kacang almond bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

CARA MEMBUAT :
 

> Bakso ikan :
  • Aduk rata ikan kerapu, telur, peterseli dan kayu manis bubuk. ambil 1 sdm adonan ikan, bulatkan. lakukan hingga adonan habis
  • Aduk rata tepung terigu, garam, dan merica. gulingkan baso ikan ke dlm campuran tepung hingga rata
  • Panaskan minyak zaitun, tumis bakso hingga matang. angkat, tiriskan
> Sofregit :
  • Panaskan minyak zaitun, tumis bwg bombay hingga harum. masukkan bwg putih, aduk. masukkan tomat dan peterseli, aduk rata. tutup wajan, masak selama 20 menit
  • Tambahkan bakso dan kaldu, aduk rata. masak selama 20 menit. masukkan kacang polong, didihkan, masak trs hingga kaldu mengental. tambahkan kacang almond, garam dan merica, aduk rata. diamkan 10 menit. angkat. Sajikan panas
Info kalori per porsi : 301 kal
Setelah anda mencoba membuatnya di rumah, laporkan hasil masakan anda disini untuk sekedar berbagi dengan pembaca lainnya... Selamat Mencoba!