31 Desember 2009

Teknik Terbaik Memotivasi Diri Sendiri

4 komentar :
aLamathuR.com - Pernahkan suatu saat anda merasa begitu termotivasi untuk mencapai suatu hal yang sangat anda inginkan, sehingga anda akan mengerahkan seluruh sumber daya dan potensi yang anda miliki untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Sebaliknya, disaat yang lain mungkin anda akan merasa sama sekali tidak memiliki motivasi lagi karena melihat sebuah masalah yang ada dianggap sebagai hambatan atau ancaman, bukan sebagai tantangan yang harus dipecahkan.

Untuk anda yang saat ini dalam kondisi kurang atau bahkan sama sekali tidak mempunyai motivasi lagi dalam mencapai tujuan-tujuan anda, beberapa langkah berikut mungkin akan berguna untuk anda.

Memotivasi diri melalui rasa percaya diri, bisa dibangun melalui langkah berikut:
  • Hindari mencari-cari alasan, sekalipun anda termasuk orang kreatif, jangan pernah gunakan kreativitas anda untuk sekedar membuat pembelaan diri.
  • Gunakan daya imajinasi untuk menumbuhkan pikiran-pikiran positif sehingga motivasi yang diperlukan untuk pencapaian sebuah tujuan dapat selalu terjaga dengan baik.
  • Jangan takut gagal, dan tetap fokuskan diri anda pada proses pembelajaran diri.
  • Perhatikan penampilan, mulai dari gaya bicara, cara berinteraksi sosial, gaya berpakaian dan lain-lain yang dianggap perlu.

Memotivasi diri dengan menentukan sasaran. Dengan adanya sasaran yang jelas, maka orang akan lebih termotivasi karena mengetahui langkah-langkah yang harus diambilnya dalam mencapai sasaran tersebut secara efektif dan efisien.

Memotivasi diri dengan menyusun catatan mengenai sukses yang pernah diraih. Hal ini merupakan follow up dari teknik sebelumnya (poin ke2). Jadi untuk setiap sasaran yang sudah tercapai dicatatkan keberhasilannya secara detail, baik dengan tulisan-tulisan ataupun gambar/ foto yang dapat menjaga semangat danmotivasi anda dalam membidik sasaran berikutnya. Tetapi ada poin penting yang harus tetap dikedepankan pada tahap ini, yaitu jangan sekali-kali anda berniat untuk menyombongkan diri kepada orang lain atas keberhasilan-keberhasilan yang telah anda capai.

Jika anda telah mencoba untuk mempraktekkan ketiga teknik diatas, laporkan pencapaian anda melalui isian komentar artikel ini....

4 komentar :

  1. yang pasti berdoa lah setelah berusaha setuhu

    BalasHapus
  2. Wah membaca artikel seperti ini jadi tambah semanagt ini sob..biasanya untuk memotivasi diri ane mengenang kembali saat2 terindah dimana hati dan fikiran tenang dengan pencapaiaan yang kita dapat.. Thanks sobat sharing artikelnya bermanfaat banget ...

    BalasHapus
  3. + Kang Robby: teknik yang bagus juga. sederhana, tapi pasti cukup efektif.. tapi jika motivasinya ini dalam rangka mencapai target yang sama sekali belum pernah kita rasakan, atau bayangkan sekalipun.. mungkin teknik tadi kurang efektif..

    BalasHapus