10 November 2009

Fotografi itu Menyenangkan

10 komentar :
fotografiaLamathuR.com - Sudahkan anda memiliki hobi yang menyenangkan? jika ya, tetaplah jalani hobi anda saat ini dan jika perlu, hasilkan uang dari hobi anda tersebut (seperti saya, mudah-mudahan..).

Untuk anda yang belum punya hobi, fotografi dapat menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan karena hobi tersebut sekarang sudah semakin memasyarakat.

Beberapa tips untuk para pemula yang tertarik dengan dunia fotografi diantaranya  sebagai berikut:

  1. Sebagai syarat awal, tentunya belilah sebuah kamera. Pilihannya, jika dana anda cukup belilah jenis kamera DSLR starter (entry level) bundle yaitu body kamera dan lensa dijual dalam satu paket. Biasanya lensa yang sertakan dalam paket ini adalah jenis "Three In One" yaitu jenis Wide (pemotretan sudut lebar), jenis tele (pemotretan jarak jauh), dan jenis normal (standar 50mm). Tapi jika dana anda terbatas, belilah jenis pocket camera yang menyertakan fungsi Manual (M) pada mode pengaturan foto (setting). Tujuannya agar anda dapat lebih bereksplorasi dan melatih skill fotografi, karena pilihan Manual ini menyajikan setting detail untuk pengaturan diafragma (aperture), kecepatan rana (shutter speed) serta sensitivitas (ISO) kamera anda.
  2. Perhatikan fitur zoom yang ada pada kamera, prioritaskan pada kamera dengan fitur zoom optical dibanding digital zoom, karena penggunaan fitur Digital zoom dapat menurunkan kualitas gambar.
  3. Lagi-lagi, jika dana anda cukup, untuk pengguna DSLR, belilah Flash atau yang lebih familiar dikenal sebagai Blitz. Sangat disarankan untuk membeli flash dengan merk yang sama dengan merk kamera yang anda gunakan, untuk menjamin pencahayaan yang akurat melalui fitur TTL (Through The Lens).
  4. Tripod dan tas khusus kamera merupakan aksesoris lainnya yang bisa jadi pilihan dengan berbagai merk, harga dan tipe serta berbagai keunggulan masing-masing. Tips untuk tripod, gunakan jenis yang disesuaikan dengan bobot kamera yang anda miliki.
  5. Sering-seringlah hunting objek foto untuk melatih skill fotografi anda. Latihan dengan berbagai kondisi objek foto akan sangat membantu mengeksplorasi teknik fotografi agar menghasilkan foto yang semakin hari semakin baik. Baca "Bereksplorasi dengan Komposisi Objek Fotografi" untuk mendapatkan salah satu poin penting dari teknik fotografi. Anda juga bisa mempelajari teknik sederhana tapi sangat kreatif dalam "Fotografi Kreatif: Unik, Simpel, Mantap!".
  6. Tips terakhir dan cukup penting, perluas wawasan fotografi anda dengan banyak membaca referensi, bergabung dengan milis atau bergabung dengan klub fotografi.

Tips diatas mungkin saja dapat mengantarkan anda yang awalnya hanya sebatas tertarik, kemudian berangsur menjadi hobi, dan pada akhirnya anda dapat menjadi seorang fotografer profesional, seperti idola saya : Isyana Bagoes Oka (loh, bukannya dia itu Presenter berita TV??? hmmm..)

10 komentar :

  1. Trims infonya sangat bermanfaat sekali. Perlu belajar juga nih disini...salaam, semoga suksess n tetap semangat

    BalasHapus
  2. T.O.P BGT, sob. Tahu aja saya hoby fotografi. Makasih bgt,info yang sangat berharga buat saya. Bnyk yg ingin sy tanyakan seputar fotografi, sy minta alamat FB nya ya...THX

    BalasHapus
  3. mantap nie infonya,,,,
    tksh udh berbagi tips ya

    sukses selalu,,,,,

    BalasHapus
  4. iya bener sob bener2 menyenangkan aq juga suka bgt ama dunia fotografi

    BalasHapus
  5. terima kasih atas info yang berguna di atas.. keep it up

    BalasHapus
  6. mantap....

    pngen bngt gw blajar fotografi, tapi apa daya kondisi kantong ga mndukung buat bli kameranya...

    BalasHapus
  7. aku suka fotografi karena itu juga akhirnya diriku membeli kamera SLR yg paling murah :D klo udah dapet duit dari motret boleh lah beli yg lebih prof :D

    BalasHapus
  8. tips mantap ini bisa jadi bahan referensi saya. salam hangat

    BalasHapus
  9. Aku juga ingin menjadfi salah datu fotografer alam liar

    BalasHapus