18 November 2009

Berhenti Merokok, Kenapa Tidak ?

17 komentar :
aLamathuR.com - Merokok memang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat dunia yang sulit untuk dihilangkan. Meskipun tidak sedikit hasil penelitian yang secara empiris telah menjelaskan efek negatif yang ditimbulkan dari rokok, tetap saja tidak mudah untuk menanamkan kesadaran bahaya ini kepada para perokok. Untuk anda yang berniat menghentikan kebiasaan merokok anda, tapi masih belum berhasil karena mungkin cara yang anda lakukan belum maksimal, berikut akan dibagi beberapa tips yang mungkin berguna untuk anda.

  1. Percayalah bahwa anda ingin dan mampu berhenti merokok. Ingat kembali kesuksesan menghadapi hal-hal sulit pada masa lalu dan sadari bahwa anda mempunyai keberanian dan kemampuan untuk berhenti.
  2. Buat daftar alasan kenapa anda berhenti. Misalkan karena alasan kesehatan, menghemat uang, kebersihan atau kemudahan mencari pasangan. Bacalah daftar ini setiap hari.
  3. Katakan pada keluarga dan teman-teman, bahwa anda berhenti merokok. Minta dukungan dan beri pengertian bahwa dalam beberapa waktu mendatang anda dapat menjadi sangat gampang marah dan tidak rasional karena proses berhenti merokok.
  4. Tetapkan tanggal pasti untuk berhenti merokok. Ini bisa bertautan dengan hari ulang tahun, hari jadi pernikahan, atau hari raya nasional. Tetapkan tanggal yang baik pada seminggu atau 2 (dua) minggu ke depan. Saat telah berhenti total, tanggal ini bisa dirayakan dengan pesta kecil.
  5. Jauhkan benda-benda yang mengingatkan anda pada rokok. Buang dan sembunyikan benda-benda seperti asbak dan korek api dari rumah dan areal kerja anda.
  6. Bicara pada dokter anda tentang menghentikan kebiasaan buruk ini. Dukungan dan panduan teknis terbukti memperbesar kemungkinan untuk berhenti. Dokter mungkin akan memberikan resep medis, seperti permen karet nikotin, inhaler, dan bantuan media lainnya.

Supaya anda tidak merasa terlalu berat untuk menjalankan program menghentikan kebiasaan merokok anda, maka tips lanjutannya akan disampaikan dalam tulisan berikutnya (baca: Berhenti Merokok, Kenapa Tidak? Bagian 2). Mudah-mudahan setelah tips diatas dilaksanakan dengan benar, anda masih tertarik untuk mencoba melakukan tips pada yang disarankan pada tips "berhenti merokok" berikutnya.

Jadi, beranikah anda menerima tantangan ini?
(69++)

17 komentar :

  1. Setuju sob... Soalnya merokok yang jelas nggak baik untuk kesehatan...

    BalasHapus
  2. @akhtam-> ..dan untuk kantong juga, y g?
    @aghoes-> ..thx, tlg direkomndasi ke yg laen y..

    BalasHapus
  3. aku gak ngerokok dari dulu.kenal internet cari2 referensi bahaya merokok ngeri juga,,

    BalasHapus
  4. ngerokok itu kadang2 aja asik tp kdg2 bosan...ari suka ngerokok tp sering minta ma tmn...klo beli sendiri bisa dihitung..ini untuk antisipasi biar g; pecandu rokok.

    makasi sharingnya sobat...^_^
    salam kenal.........

    BalasHapus
  5. Referensi buat yang mencoba berhenti ngerokok nie. Ntar aku praktekin. Soalnya ada niat berhenti ngerokok. Thanks tipsnya.

    BalasHapus
  6. Wah saya gak merokok sih bos.., jadi gak perlu capek2 berhenti merokok.., he he ..,


    Tapi tips-nya mantap neeh.., mw kukasih tw ke tmn2 biar mereka bisa berhenti merokok..,

    BalasHapus
  7. Untung ngak suka nge-Rokok jadi ngak usah merokok, ngabisin uang dan bikin penyakit, thanks infonya keep posting and keep blogging

    BalasHapus
  8. mudah mudahan dengan tips diatas aku bisa berhenti ngerokok nie..

    makasih postinganya..

    BalasHapus
  9. emang sip dah tip n trick nya
    dulu aq perokok skg tidak karena membahayakan sya sendri sob

    BalasHapus
  10. susah untuk berhenti merokok sekarang :(
    nanti aja deh kalo udah pensiun dari blogger..
    ekekeke..

    BalasHapus
  11. Untungnya saya Bukan Perokok,, hhhe,, visit back y mas!!
    jgn Lupa commnt n follow'a!!

    BalasHapus
  12. kenyataan masih susah buat org yg merokok untuk berenti..
    mungkin pelu pake hipnotis kalii yaa.. biar beneran berenti ngerokok.. :)

    BalasHapus
  13. coment dah... akhirnya aku berhenti ngerokok. aku berhenti dengan sendirinya sejak 6 bln yang lalu. padahal aku dah ngerokok sejak kelas 2 SMP dan sekarang dah umur 23. heheeh lumayan... alhamdulilah..
    BERHENTI NGEROKOK TAK SEMUDAH YANG KITA PIKIR!!

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah aku bukan orang yang mudah ketagihan, terutama dengan nikotin maupun cafein. Semoga yang mau berhenti merokok cepat berhasil dan kembali kepada hidup sehat yang diinginkan....amin.

    BalasHapus
  15. bagi yg ingin berhenti merokok...semangat!!! ^^

    BalasHapus
  16. Silakan mengunjungi http://merokokcerdas.blogspot.com untuk mendapatkan penjelasan dari sisi yang berbeda mengenai rokok.
    Terima kasih..

    BalasHapus