20 November 2009

Berhenti Merokok, Kenapa Tidak ? (bagian 2)

5 komentar :
aLamathuR.com - Selamat! anda telah memasuki tahap kedua dari program "menghentikan kebiasaan merokok" anda. Untuk anda yang masih belum berhasil dengan program yang disarankan pada artikel sebelumnya (baca: Berhenti Merokok, Kenapa Tidak? Bagian 1), dapat mencoba untuk menjalankan beberapa tips dalam program kedua ini.


  1. Beberapa kali sehari ucapkanlah kata-kata "Saya Bukan Perokok!" dan ulangi kalimat tersebut pelan-pelan. Memang terdengar bodoh, tapi metode ini terbukti sangat berguna.
  2. Visualisasikan diri anda. Tutup mata dan gambarkan diri anda yang telah bebas rokok. Bayangkan anda dapat bernafas dengan sangat lega atau melihat diri anda sedang menolak rokok yang ditawarkan pada anda. Kembangkan imajinasi anda.
  3. Gantilah rokok dengan benda lain, saat adiksi rokok mengganggu pikiran anda. Kunyahlah permen karet, minum teh sesudah makan, atau sibukkan diri anda dengan kegiatan seperti mencuci piring dan berjalan-jalan. Anda juga bisa mengganti rokok yang terbiasa menempel di bibir dengan sedotan atau tusuk gigi. Peganglah pensil untuk mengganti rokok yang biasa dimainkan di jari-jari anda.
  4. Berusahalah untuk sebisa mungkin untuk terus berada ditempat yang dilarang merokok. Jika terpaksa berada pada situasi dimana anda dapat tergoda untuk merokok, usahakan tetap berkumpul dengan orang-orang yang tidak merokok. Jauhkan diri anda dari komunitas perokok. Katakan pada mereka kalau anda sedang berusaha berhenti merokok. Namun jangan menjadi cerewet dengan pidato-pidato panjang tentang kebiasaan ini.
  5. Pajanglah foto keluarga atau orang yang penting bagi hidup anda, lalu tempelkan tulisan seperti "Aku berhenti untuk kamu/ kalian". Jadikan mereka sumber motivasi tambahan. Saat dorongan untuk merokok timbul, lihat dan bacalah kata-kata tersebut.
  6. Setelah berhenti total, jangan mulai merokok lagi. Setelah 3 (tiga) bulan berhenti merokok, bukan berarti boleh merokok satu batang atau satu hisapan.

Lakukanlah tips-tips diatas dengan serius, tetapi jangan sampai membuat anda mengalami stress/ tertekan, sehingga pada akhirnya akan dapat mengganggu kesehatan anda juga.

Setelah semua tips anda lakukan, tolong kabarkan perkembangan dari  seluruh program anda dalam menghentikan kebiasaan merokok melalui komentar anda pada artikel ini. (69++)

5 komentar :

  1. makasih.. infonya smoga jg bisa bermanfaat bwt smua.. posting ini ga cuma brhenti mrokok.. tp jg brhenti dari kbiasaan buruk lainnya.. sip...2

    BalasHapus
  2. Betul sekali sobat,,, kebiasaan buruk lainnya..

    BalasHapus
  3. nice post :)
    cowoku juga dah brenti merokok loh :) dah 6 bulan gak ngrokok lagi gara2 aku tunjukkin artikel ttg cewe yang lehernya berlubang (dipasang alat) soalnya saluran pernapasannya rusak.. kebanyakan menghirup asap rokok suaminya sejak pacaran

    :D

    BalasHapus
  4. ADA AWARD nih BUAT KAMU
    ambil YAH
    MAKSIH

    BalasHapus
  5. + gratisduit: bisa dishare dong gambarnya? atau URLnya..
    + mangmelan: award? terima kasih kawan..

    BalasHapus