15 Agustus 2009

Strategi Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

Tidak ada komentar :
aLamathuRs.com
- Kali ini mari kita berbagi beberapa tips dari orang-orang yang sudah sukses dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau bahkan yang diimpikannya, terutama yang berangkat dari background seorang karyawan (bukan enterpreneur, red). Beberapa tipsnya yang boleh dicoba (boleh juga tidak :)) :


  1. Yakinlah dengan diri kita sendiri, karena inilah yang akan menjadi starting point untuk menentukan apakah kita berani untuk bergerak maju atau tidak.
  2. Identifikasi keunggulan dan kompetensi yang kita miliki, dan jangan pernah ragu untuk menciptakan ide-ide kreatif dan brilian.
  3. Tentukan pekerjaan yang benar-benar kita inginkan. Hindari prinsip asal mendapatkan pekerjaan jika tidak ingin dikatakan sebagai "pengangguran terselubung".
  4. Berikan alasan kenapa kita harus direkrut. Percaya dirilah dengan konsep atau ide yang akan kita tawarkan kepada perusahaan yang akan merekrut kita.
  5. Buatlah Surat Lamaran dan CV yang informatif dan disajikan semenarik mungkin. Jika diperlukan, buatlah semacam CV Online, sehingga perusahaan pencari karyawan dapat dengan mudah menemukan sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan.
  6. Bangunlah relasi dan perkenalkan diri kita. Dizaman  sekarang rasanya hal ini tidak sulit mengingat media komunikasi sudah sangat beragam, dari mulai Ponsel sampai Internet yang semuanya akan mempermudah kita membangun relasi.
  7. Gunakan sumber sumber daya yang ada untuk memaksimalkan setiap potensi yang kita miliki, selama cara yang akan digunakan itu memang diperbolehkan.
  8. Persiapkan diri kita untuk setiap kesempatan yang akan muncul sewaktu-waktu dan tidak terduga sekalipun.
  9. Menangkan strategi dalam Interview kerja. Meskipun kebanyakan orang berpendapat bahwa Interview itu bersifat subjektif, tapi tidak ada salahnya untuk mempelajari teknik-teknik dalam menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dalam Interview kerja. Sumber literaturnya bisa didapat dari buku-buku, internet dan lain-lain.
  10. Follow up dan bernegosiasilah setelah peluang kerja 90% ada dihadapan mata. Jangan pernah ragu untuk menetapkan standar nilai jual yang layak untuk diri kita, selama kompetensi yang kita miliki sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan yang akan mempekerjakan kita...

Akhir kata, untuk para pencari kerja : selamat mencoba beberapa tips diatas. Sedangkan untuk yang sekarang sudah memperoleh pekerjaan tapi belum sesuai dengan yang diinginkan, selamat berjuang untuk mendapatkan yang lebih baik lagi....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar